Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

731 Kebakaran Terjadi di Jakarta Sejak Januari Hingga Agustus

Ahad 14 Aug 2016 18:00 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Andi Nur Aminah

Kebakaran gedung proyek Hotel Swiss Bel Kelapa Gading, Jakarta Utara, Ahad (7/8)

Kebakaran gedung proyek Hotel Swiss Bel Kelapa Gading, Jakarta Utara, Ahad (7/8)

Foto: Republika/ Yasin Habibi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Penanggulangan Kebakaran (Gulkar) dan Penyelamatan Provinsi DKI mengkonfirmasi terjadi 731 kebakaran di Ibu Kota sejak Januari hingga 11 Agustus 2016. Berdasarkan data itu, 21 kebakaran berhasil diatasi oleh masyarakat. Adapun sisanya ditangani oleh Dinas Gulkar dan penyelamatan. Sedangkan jumlah penyelamatan mencapai 469 kejadian.

"Jadi selama periode itu, jumlah panggilan kejadian mencapai 12.00 kali," kata Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran (Gulkar) dan Penyelamatan Subejo.

Dari lima wilayah kota dan satu kabupaten di Ibu Kota, tercatat kota Jakbar dengan kejadian kebakaran terbanyak, yaitu 179 kasus. Adapun peringkat kedua ditempati oleh kota Jakut dengan 156 kasus.

Menanggapi jumlah kebakaran di Ibu Kota, Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama menyebut kebakaran memang selalu terjadi. Langkah pencegahan yang bisa diambil, kata dia, yaitu dengan memperketat sertifikat penanggulangan kebakaran bagi gedung-gedung.

"Kebakaran dibanding tahun-tahun lalu sebetulnya sudah menurun. Hampir tiap hari kebakaran terjadi. Makanya cara kita perketat gedung-gedung harus lolos sertifikat dinas penanggulangan kebakaran," ujarnya beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA