Jumat 12 Aug 2016 20:00 WIB

Serunya Mahasiswa Unas dan Rutgers University Belajar Konservasi Alam

Mahasiswa Unas dan Rutgers University belajar konservasi alam di Taman Nasional Ujung Kulon.
Foto: unas
Mahasiswa Unas dan Rutgers University belajar konservasi alam di Taman Nasional Ujung Kulon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Fakultas Biologi Universitas Nasional baru saja menyelesaikan program Study Abroad bersama Rutgers University, Amerika Serikat. Program ini melibatkan para dosen dan mahasiswa dari kedua negara untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk konservasi alam di Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung dari 21 Juli hingga 5 Agustus 2016 ini berlokasi di Tuanan, Kalimantan Tengah dan Ujung Kulon, Banten.

Program 'Study Abroad' merupakan kegiatan dua tahunan antara Universitas Nasional dan Rutgers University, Amerika Serikat. Program ini meliputi dua kegiatan. Kegiatan pertama yaitu Shortcourse berlokasi di Tuanan, Kalimantan Tengah pada 21-28 Juli 2016. Kelompok yang ada dibagi menurut bidang minat masing-masing seperti herpet, pengamatan perilaku orang utan, pohon sarang, burung, vegetasi, serta membantu para penduduk membuat saringan air bersih alami dan murah

Menurut Kepala Program Studi Pascasarjana Biologi UNAS Tatang Mitra Setia, Tuanan, Kalimantan Tengah merupakan tempat wajib karena merupakan area penelitian UNAS. “Program antara Universitas Nasional dan Rutgers University sendiri sudah berlangsung cukup lama, diadakan dua tahun sekali. Tuanan, Kalimantan Tengah menjadi agenda wajib sebagai tempat penelitian. Sedangkan tempat kedua yang berbeda-beda,” ujar Tatang.

Tempat kedua yang menjadi lokasi shorcourse bagi 9 mahasiswa dan seorang dosen Rutgers University adalah Ujung Kulon, Jawa Barat pada tanggal 30 Juli sampai 5 Agustus 2016. Kegiatan yang dilakukan yakni mencari badak di JRSCA (Javanese Rhino Sanctuary Conservation Area), menanam terumbu karang, cara mengambil madu langsung dari sarang lebah, mendaki Gunung Honje untuk melihat primata, main di air terjun dan cara mengkultur jamur.

Selain melakukan penelitian, delegasi dari Rutgers tersebut juga belajar kebudayaan di Indonesia. Mereka ikut belajar bahkan membantu masyarakat, baik itu di Tuanan atau di saat di Bogor sebelum ke Ujung Kulon.

Menurut Emily, mahasiswi Rutgers, kegiatan ini merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan. “Jika kami datang sebagai turis, maka tidak akan bisa mambantu para penduduk. Kami membantu membuat saringan air bersih alami dan murah disana (Tuanan, Kalimantan Tengah),” ujar Emily.

Fauziah Ilmi, salah satu mahasiswi Biologi mengatakan kegiatan ini memberikan banyak pelajaran. “Short course ini memberikan banyak pelajaran, dari bagaimana bersosialisasi dengan mahasiswa dari berbeda budaya, dan menghabiskan waktu di sana bersama,” ungkap Ilmi.

Tidak hanya shortcourse, di Universitas Nasional mahasiswa Rutgers belajar mengenai konservasi orangutan. Selain UNAS dan Rutgers, organisasi yang ikut dalam kegiatan di Tuanan diantaranya BOSF, BKSDA KalTeng, KPHL model Kapuas, Universitas Palangkaraya, SMA 2 dan 3 Kapuas, dan masyarakat setempat di desa Pasir Putih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement