Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Pengunjung Festival Baliem Capai 10.062 Orang

Kamis 11 Aug 2016 03:02 WIB

Red: Hazliansyah

Sejumlah warga suku pedalaman Papua menampilkan tarian tradisional pada acara Festival Budaya Lembah Baliem di Distrik Wosilimo, Kabupaten Jayawijaya, Papua

Sejumlah warga suku pedalaman Papua menampilkan tarian tradisional pada acara Festival Budaya Lembah Baliem di Distrik Wosilimo, Kabupaten Jayawijaya, Papua

Foto: Antara/Widodo S. Jusuf

REPUBLIKA.CO.ID, WAMENA -- Dinas Pariwisata Kabupaten Jayawijaya menyatakan pengunjung Festival Budaya Lembah Baliem sejak 8-10 Agustus 2016 di Distrik Welesi mencapai 10.062 orang.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jayawijaya Alpius Wetipo, di Wamena, Rabu, mengatakan jumlah 10.062 orang ini terdiri dari 9.226 wisatawan domestik dan 836 wisatawan mancanegara.

"Jumlah 10.962 pengunjung ini di luar masyarakat lokal Wamena yang datang menonton dan menyaksikan atraksi perang-perangan serta berbagai lomba dalam festival itu," katanya.

Menurut Alpius, pihaknya dapat memberikan data kongkret karena panitia penyelenggara telah menyediakan gelang bertanda khusus (barcode) untuk setiap pengunjung yang masuk melalui pintu utama dan duduk di tribun-tribun yang disediakan.

"Jadi dengan menggunakan satelit, maka panitia penyelenggara dapat mengetahui jumlah pengunjung," katanya.

Dia menuturkan jadi setiap pengunjung yang hendak masuk melalui pintu utama lokasi festival, panitia memberikan gelang bertanda khusus tadi dan dapat digunakan selama tiga hari.

"Ini merupakan kemajuan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya optimis tahun depan, tingkat kehadiran pengunjung akan meningkat karena panitia telah merencanakan lokasi tetap pelaksanaan festival ini dan juga melakukan pembenahan infrastruktur serta sarana prasarana.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA