Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Tangani Depresi pada Anak dengan Cara Ini

Rabu 10 Aug 2016 18:03 WIB

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah

Anak depresi (ilustrasi)

Anak depresi (ilustrasi)

Foto: Boldsky

REPUBLIKA.CO.ID, Depresi menjadi bagian dari stress yang sering diabaikan oleh setiap orang. Padahal, hal ini dapat memicu berbagai masalah serius jika tidak ditangani. Depresi bisa diderita siapa saja, terutama anak-anak.

Beberapa kasus penyebab dari depresi seperti bullying, masalah harga diri, masalah psikologis dan lainnya. Depresi pada anak menjadi hal yang harus ditangani oleh para orang tuanya. Dalam Boldsky, berikut beberapa tips terbaik untuk membantu menangani kasus depresi pada sang buah hati.

Pertama, orang tua harus menyadari bahwa depresi adalah kondisi mental yang serius. Orang tua harus menerima kenyataan bahwa anak mereka memiliki gangguan dan membutuhkan bantuan profesional.

Jangan mencela anak ketika ia sedang marah atau menangis karena ini adalah gejala dari depresi. Dengan mencela justru akan memperburuk kondisi sang anak.

Selanjutnya, jangan merasa cemas dan khawatir dengan kondisi mental anak yang mengalami depresi. Orang tua justru harus menjadi penguat dan pendukung. Tujuannya agar anak merasa memiliki seseorang untuk bersandar.

Pastikan pula bahwa anak mengikuti saran yang diberikan oleh profesional seperti minum obat tepat waktu dan melakukan latihan relaksasi dan mengikuti pola hidup sehat.

Langkah berikutnya adalah membawa sang anak ke terapis terkenal dan pastikan bahwa anak tidak melewatkan sesi terapi. Selain itu, orang tua juga dapat berbicara dengan psikolog untuk memahami situasi agar lebih baik.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA