Sabtu 06 Aug 2016 07:00 WIB

Perjuangan Mencium Hajar Aswad dan Shalat di Raudah

Mencium Hajar Aswad.
Foto: Antara
Mencium Hajar Aswad.

Akhir-akhir ini ada trend para artis dan tokoh masyarakat berumrah. Juga artis Bollywood, seperti Shah Rukh Khan dan Amir Khan, telah melaksanakan ibadah umrah, kata seorang petugas hotel berbintang lima di Makkah.

Melaksanakan akad nikah di depan Kabah juga merupakan trend akhir-akhir ini. Seperti Paramitha Rosyadi saat menikah dengan Gunawan, dan terakhir Eeep Saifullah Fatah dengan Sandrina Malakiono. Dalam musim haji lalu tiga pasangan Indonesia menikah di depan Kakbah.

Sebagai dikatakan Ustaz Zainal Abidin yang ketika itu berusia 40 tahun, pembimbing jamaah Alisan yang telah 18 tahun bermukim di Saudi, umrah banyak dilakukan umat Islam sejak pertengahan 1990-an. Salah satunya karena diberlakukannya kuota haji, hingga untuk melakukan rukun Islam kelima jumlahnya dibatasi pemerintah Saudi. Untuk pelaksanaan haji 2005-2006, misalnya, pendaftarannya telah ditutup.

Ledakan berumrah juga tercermin dari banyaknya penyelenggara haji dan umrah yang berjumlah 235 lembaga. "Persaingan antarpenyelenggara sangat tajam termasuk dalam perang tarif. Tentu saja yang jadi pilihan adalah penyelenggara yang dapat menjaga mutu dan kepuasan para jamaah," kata Ali Muhammad Amin, pimpinan Alisan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement