Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Terduga Teroris Gigih Jadi Fasilitator Jaringan Teroris Suriah

Jumat 05 Aug 2016 14:11 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Boy Rafli Amar (Republika/ Wihdan)

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Boy Rafli Amar (Republika/ Wihdan)

Foto: Republika/ Wihdan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar mengatakan terduga teroris Gigih Ramat Dewa (GRD) berperan sebagai fasilitator jaringan teroris. Ia bertugas untuk menyalurkan dana sekaligus memberangkatkan WNI yang hendak ke Suriah.

Boy mengatakan sebelumnya tersangka bom bunuh diri Polresta Solo, Nor Rohmat (NR) menjemput Ali dari Batam. Kemudian NR membawa Ali ke Bogor dan terakhir menitipkan Ali ke Abu Mus'ab di Bekasi.

Ali sendiri merupakan warga Iugur yang ditampung oleh Gigih Ramat Dewa (GRD) bersama seorang warga Iugur lainnya, Doni. Sampai kemudian Densus berhasil mengamankan Ali dan Abu Mus'ab saat keduanya berada di Bekasi beberapa waktu lalu.

"GRD menjadi fasilitator keberangkatan jaringan terduga teroris dari Indonesia menuju Suriah melalui Turki," ungkap Boy.

Dalam memberangkatkan jaringannya ini kata Boy, dibantu juga oleh WNI yang berada di Turki. Selanjutnya GRD juga diduga sebagai penerima dan penyalur dana untuk kegiatan radikalisme yang bersumber dari Bahrun Naim.

"GRD dan Bahrun Naim pernah merencanakan untuk meluncurkan roket dari Batam," ujar Boy.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA