Rabu 03 Aug 2016 10:30 WIB

Sabun Mandi dari Limbah Kulit Buah Raih Penghargaan Internasional

Rep: Lintar Satria/ Red: Dwi Murdaningsih
Aneka buah yang berkhasiat untuk kulit
Foto: supervalu.ie
Aneka buah yang berkhasiat untuk kulit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya mendapat penghargaan internasional berkat limbah kulit buah. Tim Azala Skin Care yang fokus pada pengembangan produk-produk perawatan kulit berinovasi dengan produk baru berupa sabun mandi dan lotion yang terbuat dari gabungan ekstrak kulit buah manggis, pisang, dan buah naga.

Produk ini telah mendapatkan penghargaan berupa Gold Medal pada 3rd World Invention Creativity Contest (WICC) 2016 yang diseleggarakan oleh Korea University Invention Association (KUIA) di Seoul Trade Exhibition & Convention (SETEC), Korea Selatan, 28-30 Juli.

Tim Azala Skin Care terdiri dari Sofia Afifah A. (Teknik Kimia), Yuyun Drupadi A.A. (Teknik Kimia), Mohammad Rizal Fauzi (Teknik Kimia), Indra Barani (Teknik Mesin), Linggar Gara Putra S. (Teknik Mesin), dan dosen pembimbing Vivi Nurhadianty.

Pada kompetisi yang diikuti oleh 20 negara tersebut, Tim Azala Skin Care tidak hanya diganjar medali emas oleh WICC. Tetapi mereka juga mendapatkan Special Award dari International Engineering Invention & Innovation Exhibition (I-ENVEX) Malaysia.

"Kenapa kami menggunakan buah tersebut? Karena kandungannya yang kaya akan senyawa antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker kulit. Produk kami juga bisa menyamarkan bekas luka dan tentu saja melembabkan kulit," kata Sofia dalam siaran pers yang Republika.co.id terima, Kamis (3/7).

Mahasiswi asli Sidoarjo tersebut menuturkan, inovasi Azala Skin Care dari produk sebelumnya terletak pada penggunaan campuran lebih dari satu macam buah dan produk baru berupa sabun. Menurutnya, sabun merupakan produk yang pemakaiannya lebih sering digunakan jika dibandingkan dengan lotion, dan lotion sebagai pelindung tambahan pada kulit.

"Kami berinisiatif mendapatkan bahan-bahan untuk produk kami dengan memanfaatkan limbah buah-buahan dari beberapa toko salah satunya toko jus buah," katanya.

Mahasiswa angkatan 2013 tersebut menjelaskan, untuk 1 kilogram masing-masing buah bisa menjadi 4 botol lotion kemasan 100 mililiter dan 6 bungkus sabun ukuran 20 gram. Cara pembuatannya, harus dibuat terlebih dahulu ekstrak dari masing-masing kulit buah dengan pelarut metanol. Untuk pembuatan lotion, dibagi menjadi dua fase yakni fase air dan minyak.

 

Sedangkan untuk pembuatan sabun, ekstrak kulit buah tersebut dan lemon di tambahkan ke dalam fase minyak yang terdiri dari VCO, minyak zaitun, minyak jarak. Bahan-bahan yang digunakan ini juga merupakan produk lokal Indonesia. Produk Azala Skin Crae djijual dengan harga Rp 15 ribu untuk lotion dan  Rp 5.000 untuk sabun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement