Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Indonesia Gagal Pertahankan Gelar Juara Umum di ASG 2016

Jumat 29 Jul 2016 14:47 WIB

Rep: Bambang Noroyono / Red: Citra Listya Rini

Bendera Indonesia

Bendera Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia gagal mempertahankan gelar juara dalam Asian School Games 2016. Kontingen Indonesia, hanya mampu mempertahankan posisi kedua dalam perolehan medali emas terbanyak dalam ajang kejuaraan olimpiade antar pelajar di negara-negara kawasan Asia Tenggara.

Sampai akhir gelaran tahunan itu, Indonesia memperoleh sebanyak 30 medali emas, dan 34 perak serta 35 perunggu. Perolehan itu membuat Indonesia berada di bawah negara tuan rumah Thailand, yang berhasil meraih gelar juara umum dengan perolehan 56 medali emas.

Komandan Kontingen ASG Indonesia, Akhyar Matra mengatakan, meski gagal mempertahankan gelar juara umum, namun hasil dari para atletnya tahun ini cukup membangkan. Upaya maksimal pun tentunya sudah dilakukan para atletnya. Akan tetapi, para atlet tuan rumah dinilai dia, memang lebih unggul.

"Semua atlet kita sudah melakukan yang terbaik. Tapi Thailand memang tim terbaik tahun ini," ujar dia, Kamis (28/7). Meskipun berada di posisi runner up, namun diterangkan dia, beberapa atlet pelajar dari Indonesia, berhasil memecahkan rekor. 

Pun, dikatakan dia, kualitas atlet pelajar tahun ini jauh lebih baik ketimbang tahun lalu. Apalagi dikatakan dia, perolehan medali emas tahun ini melewati target yang diharapkan. Kata dia, semula, Kontingen Indonesia cuma menargetkan cukup membawa pulang sebanyak 10 medali emas.

Diterangkan Akhyar, dari 30 medali emas, atlet cabang olah raga (cabor) renang menjadi menyumbang emas terbanyak. Yaitu dengan berhasil mengoleksi 17 medali emas. Sedangkan dari cabor atletik, para pelajar Indonesia berhasil membawa pulang delapan medali emas. Selebihnya, masing-masing ikut disumbangkan dari cabang bulu tangkis, tenis dan golf.

Jika dibandingkan ASG 2015 di Brunei Darussalam, Indonesia cuma membawa pulang sebanyak 25 medali emas. Tapi perolehan tersebut membawa Indonesia sebagai juara umum mengalahkan tujuh negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Tahun ini, dengan jumlah atlet yang lebih banyak, Menteri Pemuda ddan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi pernah mengatakan, agar Kontingen ASG Indonesia mampu mempertahankan gelar juara umum dan membawa medali emas yang lebih banyak.

Berikut adalah perolehan medali emas final ASG 2016 di Chiang Mai, Thailand, Jumat (29/7):

Negara            Emas     Perak    Perunggu    Total 

Thailand          56           36          33                125

Indonesia        30           34          35                  99

Vietnam          19            20         15                   54

Singapura       13           14          30                   57

Malaysia          6            16          22                   44

Laos                0              1            7                    8

Kamboja          0              0           1                     1

 

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA