Jumat 29 Jul 2016 13:00 WIB

Rosan Roeslani, Ketua Umum Kadin: Perlu Skala Prioritas

Red:

Bagaimana tanggapan anda terkait perombakan kabinet jilid II?

Kadin menyambut baik susunan baru kabinet. Kami berharap, nama-nama yang ada memiliki rekam jejak serta integritas yang jelas dan bisa membuat ekonomi Indonesia menjadi lebih baik.

Apa yang harus diperbaiki dari kabinet baru ini?

Harapan kami, kebijakan yang sudah baik dapat dipertahankan, dan koordinasi antarkementerian merupakan hal lebih penting yang harus ditingkatkan agar kebijakan terintegrasi. Semua kebijakan ini untuk mendorong dunia usaha, maka harus koordinasi dengan Kadin.

Selain itu, paket kebijakan yang kemarin dikeluarkan sudah bagus, tapi yang penting, implementasinya harus konsisten, karena payung hukumnya sudah ada.

Anda optimistis perombakan kabinet bisa memperbaiki kondisi ekonomi?

Kami yakin, perombakan ini yang terbaik, karena sudah melalui proses panjang. Kami juga yakin, ini dilakukan untuk perbaikan ekonomi yang lebih baik lagi. Nama-nama yang baru saya rasa juga sudah tepat, seperti Pak Airlangga Hartarto dan Pak Enggartiasto Lukita, sudah punya pengalaman panjang. Mereka punya latar belakang bisnis dan politik, sehingga pengalamannya lengkap.

Pekerjaan rumah apa yang harus segera diselesaikan?

Perlu ada skala prioritas untuk membangun industri. Kami ingin industri menjadi tulang punggung ekonomi, terutama untuk memacu ekspor dari sebelumnya hanya komoditas. Prioritas ini juga termasuk industri apa yang dikedepankan, sehingga infrastruktur dan sarana penunjang  mengarah ke sana.     Oleh Rizky Jaramaya, ed: Ferry Kisihandi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement