Tuesday, 24 Zulhijjah 1442 / 03 August 2021

Tuesday, 24 Zulhijjah 1442 / 03 August 2021

Komedi Biji Ek Ice Age yang Mulai Membosankan

Senin 25 Jul 2016 07:47 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari

Ice Age: Collision Course

Ice Age: Collision Course

Foto: 20th Century Fox

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lagi-lagi si tupai berbuat ulah dan membuat dunia kembali terancam. Kali ini tupai membuat spesies mamalia akan dibuat menghilang dari dunia.

Kehadiran tupai pun sebagai ikon dari Ice Age namun sudah terasa membosankan, tidak semenarik dulu. Kelakukannya yang egois demi sebutir biji ek sudah habis masanya untuk ditonton. Sepertinya , Twentieth Century Fox Animation harus memikirkan kembali menggarap kelanjutan seri ini jika ceritanya semakin terasa dipaksakan.

Ceritanya juga masih berputar pada kisah yang selama ini sudah dibahas. Yakni karena sebutir biji ek. Bedanya biji ke kali ini membuat tupai bisa mengendalikan pesawat luar angkasa dan meluncur meninggalkan bumi. Sesampainya di angkasa, tupai mulai mengacak-acak tata surya. Akibat dari tingkah tersebut, dua planet saling bertabrakan, sehingga puing-puingnya berhamburan dan menuju ke bumi.

Di lain pihak, Manny (Ray Romano ) dan Ellie (Queen Latifah) dengan kelapangan dada mesti melepaskan anak perempuan semata wayang mereka. Peaches (Keke Palmer) beranjak dewasa dan bertemu seekor mammoth bernama Roger (Max Greenfield), mereka memutuskan akan menikah.

Hanya saja, Manny seakan tidak rela anak perempuan tersebut pergi dalam kehidupannya. Apalagi dengan seekor laki-laki yang dia anggap tidak terlihat serius dan memiliki prilaku yang aneh untuk menemani hidup Peaches.

Saat pergulatan ayah dan anak ini berlangsung, kehidupan mereka terusik dengan kehadiran batu-batu meteor yang jatuh ke bumi. Ketakutan dan suasana mencekam meliputi kelompok Manny, mereka berusaha menyelamatkan diri. Di saat kepanikan dan kebingungan meliputi, Buck (Simon Pegg) kembali muncul dari dunia bawah bersama dengan solusi untuk menyelamatkan nyawa seluruh mahluk yang hidup di bumi. Komplotan binatang yang hidup di zaman es ini kembali diuji.

Serial kelima dalam serial film Ice Age ini kembali dengan mengangkat tema keluarga yang dibalut dengan kehancuran antariksa. Hanya saja, kali ini tema keluarga yang diangkat sepertinya sangat berat jika ditujukan untuk anak-anak.

Masalah pernikahan, ketidaksukaan orang tua pada calon menantu, hingga perasaan orang tua yang akan ditinggal anaknya sangat jauh dari dunia anak-anak. Justru film arahan Mike Thurmeier ini lebih cocok ditunjukan untuk orang tua yang menemani anak-anak ketika menonton.

Di situs Rotten Tomatoes, film terbaru Ice Age meraih ulasan yang tergolong buruk yakni 13 persen. Artinya banyak kritikus film yang tidak merekomendasikan Ice Age: Collision Course sebagai tontonan menarik. Penonton juga memberikan kritik yang tidak jauh berbeda, setidaknya 45 persen menonton menyukai film animasi ini.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA