Jumat 22 Jul 2016 23:45 WIB

Sean Gelael Start dari Posisi ke-19 di GP2 Hungaria

Sean Gelael
Foto: Jagonya Ayam
Sean Gelael

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sean Gelael yang memperkuat tim Pertamina Campos Racing akan start di posisi 19 pada feature race GP2 di Sirkuit Hongaroring, Budapest, Hungaria setelah pada babak kualifikasi membuat catatan waktu satu menit 27,246 detik, Jumat (22/7).

Hasil kualifikasi yang diraih oleh pembalap yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia ini lebih baik dibandingkan pada latihan bebas yaitu satu menit 28,730 detik. Namun, secara umum Sean Gelael mengaku hasil kualifikasi tidak begitu bagus.

"Namun, dalam balapan nanti semuanya bisa berubah. Saya pun akan berupaya keras dan berharap mendapatkan balapan yang mulus untuk bisa menembus posisi sepuluh besar sekaligus meraih poin," kata Sean dalam keterangan tertulis yang diterima media di Jakarta, Jumat malam.

Akan menjalani balapan dari posisi belakang jelas akan memperberat perjuangan anak pasangan Ricardo dan Rini Gelael untuk meraih poin cukup berat. Apalagi, persaingan pada balapan seri Eropa ini terbilang ketat. Namun, Sean tidak mempermasalahkan posisinya.

Faktanya, pebalap berusia 19 tahun ini juga pernah mendapatkan posisi start di barisan belakang, namun pada akhir balapan justru bisa meraih poin. Seperti pada balapan di Baku City Azerbaijan, Sean yang start dari posisi ke-20, bisa menyodok ke barisan depan dan finis di posisi ketujuh pada balapan feature.

Demikian juga saat di sirkuit Red Bull Ring Austria. Sean yang start dari posisi ke-18, pada akhir balapan mengejutkan banyak orang dengan finis di tempat kedua. Itu merupakan podium pertama pada musim penuh balapan perdananya di ajang GP2.

Pada sesi kualifikasi, cuaca sesuai dengan perkiraan yaitu cerah. Dengan demikian semua pembalap bisa memaksimalkan kecepatan mobil dengan lintasan yang kering. Kondisi ini diperkirakan akan berbeda saat balapan resmi yang diprediksi berawan.

"Saya akan berusaha sebaik mungkin meraih yang terbaik. Peluang memang terbuka meski persaingan bakal ketat," kata pembalap jangkung itu.

Sirkuit Hongaroring memiliki panjang lintasan 4,381 kilometer dengan tantangan 14 tikungan dan memiliki karakter lamban. Para pembalap akan seperti bermain pin ball saat melewati tikungan 8,9 dan 10 yang jaraknya sangat pendek. Sementara untuk kecepatan maksimal, para pembalap bisa mendapatkannya setelah tikungan 11 dan berakhir di tikungan 12 dengan lintasan lurus yang panjang. Selain itu, juga setelah melewati garis start dan finis.

Posisi start terdepan akan ditempati pebalap tim Prema Racing, Pieree Gasly. Pembalap asal Perancis ini mencetak waktu tercepat satu menit, 25,612 detik. Posisi kedua diambil pembalap ART Grand Prix Sergei Sirotkin, sedangkan posisi ketiga diisi pembalap Prema Racing yang didukung Jagoya Ayam KFC Indonesia, Antonio Giovinazzi.

Sementara itu, rekan setim Sean, Mitch Evans akan memulai balapan dari posisi ke-14. Pada sesi kualifikasi, pembalap Selandia Baru itu membuat catatan waktu tercepat satu menit 26,966 detik. Catatan waktunya lebih baik dari sesi kualifikasinya, yakni satu menit 28,778 detik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement