Jumat 22 Jul 2016 10:52 WIB

Ini Penyebab Lain Kesulitan Bernapas

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Penyakit asma
Foto: Boldsky
Penyakit asma

REPUBLIKA.CO.ID, Masalah pernapasan menjadi masalah yang cukup rumit dan sering terjadi pada sebagian orang. Alasannya karena membuat tidak nyaman dan sulit untuk bernapas.

Faktanya, masalah ini muncul dalam bentuk kesulitan napas hingga berbagai kondisi media yang serius. Kesulitan bernapas sering dikaitkan dengan asma. Penyakit asma sebenarnya menjadi salah satu alasan utama untuk masalah pernapasan. Penderita asma umumnya menderita radang bronkus, pipa-pipa yang memungkinkan aliran antara tenggorokan dan paru-paru.

Selain itu, alergi seperti jamur, polusi, dan lainnya juga dapat memicu masalah tersebut. Seseorang akan mengalami kesulitan bernapas dan batuk. Dilansir Boldsky, berikut beberapa alasan yang dapat menyebabkan seseorang mengalami masalah pernapasan.

Apnea tidur

Apnea tidur (sleep apnea) adalah gangguan pernapasan yang bervariasi intensitasnya. Banyak orang penderita sleep apnea yang tiba-tiba mengalami kesulitan bernapas dalam jangka waktu yang singkat. Kondisi ini dapat menyebabkan kejang, kurangnya kesadaran, dan lemas.

    

Memaksakan diri berolahraga

    

Orang yang mengalami kesulitan pernapasan dan melakukan latihan fisik yang salah mengakibatkan menderitaan yang buruk bagi orang berpenyakit asma tersebut. Bahkan, orang yang sehat saja akan mengalami kesulitan pernapasan jika mereka memaksakan diri untuk berolahraga.

Penyakit arteri koroner

    

Penyakit ini dimana kondisi jantung mengalami kesulitan bernapas dan menyebabkan hambatan di arteri yang memasok darah ke jantung. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement