Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Menemukan Solusi pada Sedekah

Selasa 19 Jul 2016 14:00 WIB

Red: Irwan Kelana

Sedekah (ilustrasi)

Sedekah (ilustrasi)

Foto: Tahta Aidilla/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Salah satu amal saleh yang sangat dianjurkan dalam Islam adalah bersedekah.  “Membiasakan diri untuk memberi sedekah itu mensucikan hati dari sifat cinta dunia berlebihan, sifat bakhil, sifat serakah. Kesucian hati dari sifat-sifat tercela ini, mendekatkan hati kepada Allah Yang Maha Pemberi Solusi,” kata Pimpinan Pondok Pesantren Darul Istiqamah Bulukumba, Sulawesi Selatan, KH Mudzakkir M Arif  Lc MA kepada Republika, Selasa (19/7/2016).

Mudzakkir menambahkan, sifat rajin bersedekah itu melembutkan hati, membuat pelakunya  semakin penyayang kepada sesama. Inilah hati dan sifat yang sangat disenangi oleh Allah.

“Memperjuangkan solusi terhadap semua problem, derita, kesulitan, bahkan berikhtiar untuk keselamatan dan menolak semua bahaya, melalui pemberian sedekah dengan sepenuh keyakinan dan harapan kepada Allah, itu adalah ibadah mulia yang berimplikasi duniawi dan ukhrawi yang sewajibnya kita optimalkan setiap hari,” papar Mudzakkir.

Mungutip hadis Rasulullah SAW, kata Mudzakkir, sedekah itu menolak bala dan menjadi solusi terhadap  berbagai persoalan. “Sedekah untuk menolak bala dan untuk solusi terhadap semua masalah, memerlukan ilmu, keyakinan dan penghayatan. Mari perbanyak sedekah, agar hidup kita lebih sejahtera,” tutur KH Mudzakkir M Arif Lc MA.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA