Arus Balik Melalui Pelabuhan Merak Lancar

Red: Citra Listya Rini

 Senin 18 Jul 2016 04:35 WIB

Kendaraan tengah memasuki gerbang tol Tangerang-Merak. Foto: Republika/Wihdan Kendaraan tengah memasuki gerbang tol Tangerang-Merak.

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON  --  Arus balik dari Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Bakauheni-Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Provinsi Banten berjalan lancar, meskipun diperkirakan masih tetap ramai sehubungan dengan berakhirnya masa libur sekolah.

Berdasarkan pantauan, Ahad (17/7), ribuan kendaraan dan penumpang pejalan kaki dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung turun di Pelabuhan Merak dengan lancar.

Para pemudik arus balik yang menggunakan kendaraan dan penumpang pejalan kaki bisa langsung menuju berbagai daerah di Pulau Jawa.

Penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung normal dan berjalan lancar, terlebih cuaca normal. Kebanyakan para penumpang pejalan kaki dan kendaraan pribadi bertujuan Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi.

"Kami memprediksi pada akhir pekan ini tidak terjadi puncak arus balik," kata Kepala Bagian Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario Sardadi Oetama di Merak.

Saat ini, petugas pengatur lalu lintas bekerja keras untuk kelancaran kendaraan di lima dermaga, sehingga tidak terjadi antrean kendaraan panjang.

Seluruh kendaraan maupun penumpang yang turun di Pelabuhan Merak kembali melanjutkan perjalanannya. "Kami minta pemudik arus balik tidak berisitirahat di Merak guna memperlancar arus lalu lintas," katanya.

Selama ini, kata dia, ASDP Merak mengoperasikan kapal Ro-Ro sebanyak 27 armada dengan perjalanan pulang pergi sekitar 99 trip.

Saat ini, kondisi Pelabuhan Merak berjalan lancar tanpa antrean kendaraan. "Kami menilai kelancaran itu karena puncak arus balik terjadi pada H+9 lebaran itu," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X