Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Waspada, Tubuh Gemuk Tingkatkan Risiko Multiple Sclerosis

Kamis 14 Jul 2016 09:08 WIB

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari

Multiple Sclerosis

Multiple Sclerosis

Foto: youtube

REPUBLIKA.CO.ID, Risiko penyakit Multiple Sclerosis yang menyerang sistem saraf pusat, yaitu otak dan sumsum tulang belakang, ternyata dapat dipicu dari berat badan. Peneliti menemukan bahwa risiko Multiple Sclerosis lebih besar ditemukan pada orang-orang yang kegemukan.

Penelitian yang dipublikasi pada jurnal PLOS Medicine ini melakukan analisa terhadap indeks masa tubuh (BMI) dan kaitannya dengan risiko Multiple Sclerosis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan BMI dapat menyebabkan risiko Multiple Sclerosis ikut meningkat.

Dari penelitian tersebut, tim peneliti menemukan bahwa risiko penyakit Multiple Sclerosis dapat meningkat hingga 40 persen ketika BMI seorang individu meningkat dari kategori 'kegemukan' menjadi 'obesitas'. Peningkatan BMI ini, terang peneliti, setara dengan perubahan berat badan yang semula 150 pon atau sekitar 68 kilogram menjadi 180 pon atau sekitar 82 kilogram.

Dokter dari Lady Davis Institute di Jewish General Hospital Kanada, Brent Richards, mengatakan bahwa temuan ini dapat membawa implikasi penting terhadap kesehatan masarakat. Pasalnya, saat ini angka obesitas mengalami peningkatan pesat di banyak negara.

Yang lebih mengkhawatirkan, angka obesitas ini banyak ditemukan pada generasi muda. Di sisi lain, serangan Multiple Sclerosis biasanya terjadi ketika seorang individu memasuki usia 28-31.

"Temuan ini seharusnya memberi motivasi untuk memerangi peningkatan rasio obesitas di kalangan muda," terang dr. Richards seperti dilansir Mirror.

Salah satu cara memerangi obesitas pada kalangan muda, lanjut dr. Richards, bisa dilakukan dengan mengimplementasikan lingkungan sekolah dan komunitas yang mendorong aktivitas fisik. Di samping itu, memerangi obesitas pada kalangan muda juga bisa dilakukan dengan cara memberikan akses pada asupan nutrisi yang seimbang.

Langkah pencegahan Multiple Sclerosis dengan mengendalikan berat badan ini penting dilakukan. Pasalnya, hingga saat ini penyebab timbulnya penyakit Multiple Sclerosis masih belum diketahui. Satu-satunya hal yang diketahui dari timbulnya penyakit Multiple Sclerosis ialah faktor sistem kekebalan tubuh.

Multiple Sclerosis sendiri diketahui sebagai penyakit kronis yang menyerang otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit yang tidak dapat disembuhkan ini dapat menyebabkan kelumpuhan serta kematian.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA