Senin 11 Jul 2016 00:50 WIB

5000 Polisi Amankan Final Piala Eropa

Rep: Frederik Bata/ Red: M Akbar
petugas kepolisian prancis sedang memeriksa penonton
Foto: REUTERS/Stephane Mahe
petugas kepolisian prancis sedang memeriksa penonton

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS --  Sisi keamanan menjadi salah satu fokus pemerintah Prancis jelang final Piala Eropa. Dikutip dari The Nation, Lebih dari 5000 polisi ditempatkan di beberapa area penting di kota Paris.

Pernyataan resmi setempat mengatakan petugas berpatroli tidak hanya di Stade de France. Ini stadion yang digunakan untuk laga Les Bleus kontra Portugal.

Tetapi juga zona fan di sekitar menara Eiffel. Serta di Champs Elysees Boulevard. Pembagiannya, 1900 petugas di sekitar Eiffel. Sebanyak 3400 lainnya di Champs Elysees.

"Ini standar yang sangat tinggi. Rasionya satu petugas menjaga kurang dari 50 penonton," kata staff pemerintah kota Paris, Mathias Vicherat, Ahad (10/7).

Meski begitu, Mathias menambahkan tidak akan ada perayaan kemenangan di Champ Elysees jika Prancis keluar sebagai pemenang. Itu semua karena alasan keamanan.

Sebelumnya saat negara tersebut menjadi kampiun Piala Dunia 1998, penonton memenuhi area itu untuk bersukaria. Yakni lebih dari satu juta orang.

Polisi bersama Tentara sudah berpatroli sejak serangan teroris November tahun lalu. Semua stadion dan zona fan jadi fokus penjagaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement