Puncak Arus Balik Diprediksi Akhir Pekan Ini

Rep: C36/ Red: Citra Listya Rini

 Jumat 08 Jul 2016 10:22 WIB

 Antrean kendaraan arus balik pemudik (Ilustrasi). Foto: Antara/Adeng Bustomi. Antrean kendaraan arus balik pemudik (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Bagian Operasional Korlantas Mabes Polri, Komisaris Besar (Kombes) Benyamin mengatakan puncak arus balik Lebaran terjadi pada Sabtu-Ahad (9-10/7). Masyarakat yang akan kembali ke Jakarta disarankan menempuh jalur alternatif.

"Pada Jumat (8/7), memang sudah nampak ada kenaikan volume kendaraan. Namun, kondisi di jalan tol masih relatif lengang," kata Benyamin ketika dikonfirmasi Republika.co.id di Jakarta, Jumat.

Menurut Benyamin, kemacetan pada Jumat masih terjadi di sekitar kawasan wisata seperti simpang Gadog dan Nagreg. H+1 lebaran memang relatif masih digunakan untuk berwisata.

Benyamin menambahkan masyarakat diimbau mulai mempersiapkan perjalanan balik dan memetakan jalur alternatif untuk menuju Jakarta. Pada puncak arus balik, kata dia, jalur-jalur utama dipastikan berpotensi macet seperti pada tahun sebelumnya.

Pihaknya menyarankan masyarakat menempuh jalur alternarif untuk menghindari kemacetan. "Misalnya saja jalur selatan, lewat Bandung. Jalur ini bisa dimanfaatkan karena relatif sepi," kata Benyamin.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X