Jumat 08 Jul 2016 04:53 WIB

Griezmann Bangga Bisa Bawa Prancis ke Final Piala Eropa

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Antoine Griezmann
Foto: REUTERS/John Sibley
Antoine Griezmann

REPUBLIKA.CO.ID, MARSEILLE -- Tak mengejutkan Antoine Griezmann menjadi pemain terbaik dalam pertandingan babak semifinal Piala Eropa 2016 antara Prancis kontra Jerman di Stade Veledrome, Maresille, Jumat (8/7) dini hari WIB. Perannya amat besar mengantarkan Les Bleus melangkah ke partai final dengan kemenangan 2-0.

Striker Atletico Madrid ini memborong dua gol kemenangan Les Bleus. Ia bukan hanya merepotkan lini pertahanan Jerman, melainkan juga ikut bertarung mengadang serangan Jerman seperti yang ia tunjukkan saat memperkuat Atletico.

Sepanjang laga, Griezmann membuat enam percobaan, menciptakan dua peluang, mengirimkan lima umpan silang, dan membuat lima dribel.

Gol pertama Griezmann didapat dari titik putih pada injury time babak pertama. Ia kemudian membobol gawang Jerman untuk kali kedua pada menit ke-72.

"Saya jelas senang dan amat bangga. Masih ada satu laga lagi untuk mengakhiri turnamen dengan kgembiraan," kata Griezmann dilansir laman resmi UEFA.

(Baca juga: Griezmann Minta Pemain Prancis Rendah Hati)

Ia mengaku sangat ingin mengambil penalti pada pertandingan penting. Griezmann lega melakukannya dan berhasil. Kemudian untuk gol kedua, pemain berusia 25 tahun ini mengaku hanya menunggu kiper Manuel Neuer membuat kesalahan.

"Bola jatuh ke kaki saya dan saya senang. Ini usaha setiap orang dalam tim di Clairefontaine (markas timnas Prancis) dan saya bahagia untuk mereka semua," kata dia.

Dua gol tambahan membuat Griezmann mermuncaki daftar top skorer Piala Eropa 2016 dengan enam gol, unggul tiga dari bintang Portugal Cristiano Ronaldo.

Prancis akan berhadapan dengan Portugal di laga pamungkas. Ini berarti duel ulangan Griezmann kontra Cristiano Ronaldo yang sebelumnya berjumpa pada final Liga Champions 2016.

Kala itu Griezmann gagal mengeksekusi penalti pada waktu normal ke gawang Real Madrid. Atletico akhirnya takluk 3-5 (1-1) lewat adu penalti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement