Kamis 07 Jul 2016 19:08 WIB

Jerman Lawan Prancis, Siapa yang Melaju ke Final?

Didier Deschamps
Foto: REUTERS/Eric Gaillard
Didier Deschamps

REPUBLIKA.CO.ID, MARSEILLE  --  Prancis siap menorehkan sejarah dalam buku besar perjalanan ziarah Piala Eropa dengan menantang juara dunia Jerman sebagai wujud dan ungkapan klasik mengenai perjalanan waktu bahwa lonceng jam tidak begitu saja sembarangan berdentang.

Waktu berjalan, dan bersiaplah menyongsong kemenangan dengan memuliakan jiwa yang kokoh dan semangat pantang menyerah di setiap laga.

Der Panzer - julukan bagi tim Jerman - siap meladeni Prancis dalam semifinal Piala Eropa 2016 yang digelar di Stade Velodrome, Marseille, Jumat (8/7) dini hari WIB.

Jerman melaju ke semifinal dengan menaklukkan Italia lewat kemenangan adu penalti - setelah sebelumnya kedua kesebelasan bermain imbang 1-1 dalam 120 menit laga - padahal skuad Azzurri dibesut oleh Antonio Conte yang terus naik pamor. Di lintas sejarah sepak bola global, baik Jerman maupun Italia tiada henti beradu strategi dan taktik di lapangan.

Dalam memori sejarah, Jerman keluar sebagai juara Piala Eropa sebanyak tiga kali. Raihan prestasi ini bersaing dengan Spanyol di arena kejuaraan Eropa. Kemenangan kali terakhir tercatat pada 1996, kemudian menelan kekalahan di final 2008.

Prancis mampu menekuk skuat kuda hitam Islandia dengan skor 5-2 untuk mengamankan tiket ke semifinal. Ini kali pertama Les Bleus menunjukkan penampilan penuh percaya diri.

Prancis di bawah asuhan pelatih Didier Deschamps justru bersua dengan perlawanan sengit dari pasukan Islandia. Dan tim tuan rumah justru mampu melesakkan empat gol dalam 45 meenit laga di babak pertama.

Les Bleus menyabet gelar juara Piala Eropa sebanyak dua kali, pada 1984 dan 2000. Bertindak sebagai tuan rumah, tentu kesempatan ini tidak ingin disia-siakan Prancis manakala menjamu Jerman.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement