Pemudik Masih Memadati Jalur Penyeberangan Bakauheni

Red: Citra Listya Rini

 Ahad 03 Jul 2016 17:08 WIB

Para pemudik memasuki kapal tujuan Bakauheni di Pelabuhan Merak, Banten. Foto: Republika/ Raisan Al Farisi Para pemudik memasuki kapal tujuan Bakauheni di Pelabuhan Merak, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, BAKAUHENI -- Pelabuhan Bakauheni, Lampung, masih dipadati pemudik asal Pulau Jawa yang menyeberang ke Sumatra menggunakan jasa penyeberangan kapal feri.

Berdasarkan pantauan di Pelabuhan Bakauheni, Ahad (3/7) sore, kedatangan pemudik dari Pelabuhan Merak, Banten, masih padat, sedangkan keberangkatan setiap dermaga masih memberangkatkan ratusan kendaraan, baik mobil maupun motor.

General Manajer PT ASDP Indonesia Pelabuhan Ferry Cabang Bakauheni Eddy Hermawan mengatakan puncak mudik di Bakauheni belum bisa dikatakan H-4 karena perbedaan penumpang dari hari sebelumnya tidak signifikan. "Lain halnya kalau dari Pelabuhan Merak yang meningkat pesat," ujarnya.

Eddy menyebutkan, penumpang mudik Lebaran yang melalui Bakauheni masih ramai lancar. "Meskipun demikian, kami akan terus waspada dan saat ini sudah membuka sebanyak delapan loket dari 14 loket tersedia," ujarnya.

Penumpang mudik Lebaran yang menyeberang ke Pulau Jawa pada H-4 mencapai 46.878 orang, baik dalam kendaraan maupun pejalan kaki. "Kepadatan penumpang terjadi sejak H-5 lebaran 2016. Jumlah penumpang mudik mengalami peningkatan sekitar 2 ribu orang dalam satu hari," katanya.

Berdasarkan data Posko Angkutan Lebaran 2016, penumpang mudik Lebaran dari Pelabuhan Merak tercatat sebanyak 167.337 orang, sedangkan dari Pelabuhan Bakauheni 46.878 orang.

Sedangkan kendaraan roda dua dan empat dari Merak tercatat 21.436 unit dan 15.516 unit. Sementara dari Pelabuhan Bakauheni sepeda motor dan roda empat (pribadi) tercatat 883 unit dan 5.622 unit.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X