Jalur Jakarta-Bandung Via Cipularang Terpantau Lancar

Red: Citra Listya Rini

 Ahad 03 Jul 2016 15:49 WIB

Jakarta menuju Bandung via Cipularang.   (Republika/Yogi Ardhi) Jakarta menuju Bandung via Cipularang. (Republika/Yogi Ardhi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG  -- Jalur mudik dari arah Jakarta menuju Kota Bandung, Jawa Barat via Tol Cipularang hingga Ahad (3/7) siang ini terpantau sangat lancar. Sejak memulai perjalanan dari Jakarta tidak ditemukan titik kemacetan atau hambatan yang berarti dan menyebabkan laju kendaraan berhenti.

Kendaraan yang didominasi mobil pribadi dan beberapa bus Antar Kota Antar Provinsi ini rata-rata bisa memacu kendaraannya dalam kecepatan tinggi. Sedikit kemacetan terjadi di Km 44 dan Km 60 arah Bandung namun antrean kendaraan masih terhitung padat merayap.

Meski demikian bukan berarti tak ada aktivitas mudik di tol yang berdiri sejak 2002 silam itu. Karena dalam pantauan, terlihat juga sejumlah kendaraan pribadi yang membawa barang bawaan di bagian atas mobilnya.

Lokasi istirahat yang berada di beberapa titik sepanjang tol pun nampak sedikit lebih ramai dari biasanya dengan berdirinya sejumlah posko mudik baik dari aparat pemerintah maupun swasta. Sementara itu, di jalur yang berlawanan dari arah Bandung menuju Jakarta, kondisinya kurang lebih sama.

Meski lancar, bagi para pemudik yang hendak menggunakan jalur ini hendaknya tetap berhati-hati dan menjaga keselamatan. Karena di tol yang menghubungkan Jakarta dengan Purwakarta, Cimahi, Bandung, Garut, Tasikmalaya, serta Ciamis dan sekitarnya ini memiliki sejumlah titik rawan kecelakaan yang harus diwaspadai.

Untuk arah Bandung misalnya, beberapa titik yang harus diwaspadai di antaranya di Km 93, Km 96 hingga Km 99.
Kondisi jalanan yang lurus dan juga menurun di kilometer ini sering menyebabkan kecelakaan sehingga para pengemudi harus menjaga jarak dengan kendaraan lainnya.

Sementara titik rawan yang mengarah ke Jakarta yaitu dari KM 86 hingga Km 93, dimana kondisi jalanan dengan turunan panjang serta tikungan sering terjadi kecelakaan dengan tabrak bagian belakang kendaraan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X