Jonan Imbau Pemudik Berangkat Siang Hari

Rep: Debbie Sutrisno‎/ Red: Citra Listya Rini

 Ahad 03 Jul 2016 14:52 WIB

Menhub Ignasius Jonan Foto: antara Menhub Ignasius Jonan

REPUBLIKA.CO.ID,  CILEGON -- Menteri Perhubungan (Menhub) lgansius Jonan melakukan kunjungan ke Pelabuhan Merak untuk memantau kondisi arus mudik di pelabuhan ini. Jonan mengimbau para pemudik khususnya yang berangkat dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni bisa memanfaatkan waktu siang untuk menyeberang.

"Kalau bisa masyarakat mudik ‎juga di siang hari, jadi tidak ada penumpukan yang berjam-jam. Bisa dilihat kalau mudik siang (di pelabuhan merak) tidak terlalu macet kan," kata Jonan usai melakukan kunjungan di Pelabuhan Merak, Ahad (3/7).

Jonan menilai mudik tahun ini masih terbilang lancar. Apalagi dengan waktu libur yang terbilang lama mulai hari Sabtu pekan kemarin membuat pemudik lebih nyaman memilih waktu untuk mudik. Hal tersebut membuat‎ arus mudik tidak terlalu menumpuk pada satu hingga dua hari mudik.

Selain itu, kemudahan pembelian tiket untuk mudik melalui sistem online dan pembelian langsung sebelum mudik seperti tiket ASDP Pelabuhan Merak‎ di rest area tol membuat penumpukan di tempat keberangakatan mudik tidak menumpuk.

‎"Sekarang penumpukan di terminal, bandara dan dermaga hampir tidak ada. Artinya ada kemacetan hanya di akses menuju tempatnya saja, karena pemudik sudah bisa mendapat tiket lebih awal dan mudah," ujar Jonan.



BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X