Senin 27 Jun 2016 14:00 WIB

Menjadi Muttaqin

Red:

Setiap perintah Allah SWT yang kita lakukan selalu memiliki tujuan, yaitu membentuk manusia yang bertakwa (muttaqin). Yaitu, manusia yang siap taat untuk menjalankan segala perintah dan meninggalkan segala larangan-Nya dalam segala keadaan.

Dalam Alquran disebutkan sarana pembentuk ketakwaan maka manfaatkan sarana itu agar kita menjadi muttaqin. Yaitu, totalitas dalam penghambaan kepada Allah (QS al-Baqarah [2]: 21), memenuhi janji (QS al-Baqarah [2]: 63), menegakkan hukum qisas (QS al-Baqarah [2]: 179), menjalankan puasa Ramadhan (QS al-Baqarah [2]: 183), istiqamah di jalan Islam (QS al-An'am [6]: 153), dan berpegang teguh kepada kebenaran (QS al-Araf [7]: 171).

Alquran telah menyebutkan karakter manusia yang bertakwa (muttaqin) maka pantaskan diri kita dengan karakter tersebut. Yaitu, beriman kepada yang gaib, mendirikan shalat, menafkahkan sebagian rezeki, beriman kepada kitab suci Alquran dan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya, dan beriman kepada hari akhir (QS al-Baqarah [2]: 3-4).

Kemudian, beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, nabi-nabi-Nya, dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak yatim, orang miskin, musafir, dan orang yang meminta, memerdekakan hamba sahaya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, orang yang menepati janji, orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan, dan dalam peperangan (QS al-Baqarah [2]: 177).

Serta, orang yang menafkahkan harta pada waktu lapang dan sempit, menahan amarah, mudah memaafkan, dan apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, segera ingat kepada Allah, lalu memohon ampun kepada-Nya (QS Ali Imran [3]: 134-135).

Alquran juga menjelaskan bentuk-bentuk balasan yang dijanjikan oleh Allah SWT untuk manusia yang bertakwa (muttaqin) maka jangan biarkan diri kita kecuali berusaha untuk meraihnya.

Yaitu, jaminan ampunan dan mendapatkan surga. Allah SWT berfirman, "Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedangkan mereka kekal di dalamnya, dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal." (QS Ali Imran [3]: 146).

Diberikan baginya jalan keluar dari berbagai permasalahan hidup. Allah SWT berfirman, "Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar." (QS at-Thalaq [65]: 2).

Diberikan jaminan rezeki dari arah yang tidak terduga sebelumnya. Allah SWT berfirman, "Dan, memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya." (QS at-Thalaq [65]: 3).

Dan, dihapuskan dosa-dosanya dan diberikan pahala yang berlipat. Allah SWT berfirman, "Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipatgandakan pahala baginya." (QS at-Thalaq [65]: 5).

Semoga Allah membimbing kita agar menjadi manusia yang bertakwa (muttaqin) dan meraih balasan yang dijanjikan. Amin.     Oleh Imam Nur Suharno

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement