Sabtu 25 Jun 2016 23:49 WIB

Dovizioso Rebut Pole Position di Sirkuit Assen

Andrea Dovizioso
Foto: Darron Cummings/AP Photo
Andrea Dovizioso

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM  --  Pembalap Ducati Andrea Dovizioso akan mengawali balapan MotoGP Belanda pada Ahad (26/6) di posisi start terdepan alias pole position. Sesi kualifikasi MotoGP pada Sabtu (25/6) sore hari di Sirkuit Assen yang basah diwarnai insiden.

Ini merupakan kali pertama pembalap Italia menghuni posisi start terdepan sejak Qatar di awal tahun lalu, dan keempat kalinya di kategori teratas. Dovizioso didampingi oleh kompatriotnya Valentino Rossi, yang menghuni posisi start kedua untuk Yamaha.

Waktu kualifikasi Dovizioso adalah 1 menit 45,256 detik, yang setengah detik lebih cepat daripada catatan waktu terbaik Rossi.

Rossi (37) merupakan pemenang di Sirkuit Assen tahun lalu dan juga mengejar kemenangan keduanya secara beruntun, setelah kesuksesannya memenangi balapan di Barcelona pada awal bulan ini.

Pebalap Britania Scott Redding mengamankan start di baris terdepan untuk pertama kalinya, dengan menghuni posisi ketiga untuk tim non pabrikan Ducati.

Pemuncak klasemen asal Honda Marc Marquez akan start dari posisi keempat, sedangkan juara bertahan sekaligus sesama pembalap Spanyol Jorge Lorenzo, yang mengalami kecelakaan pada latihan ketiga, akan start dari posisi kesepuluh untuk Yamaha.

"Itu merupakan kejatuhan keras bahkan meski itu hanya kejatuhan kecil," kata Lorenzo mengenai insiden yang dilaluinya. "Gravel sangat dekat dengan trek dan ketika saya tiba, saya sedang berada dalam kecepatan yang sangat tinggi dan saya banyak terguling di gravel."

"Banyak batu menghantam leher saya, punggung dan pinggang saya, maka saya mengalami kerusakan kulit dan merasakan sangat sakit, namun untungnya tidak ada (luka) pada tulang saya, mereka baik-baik saja, maka saya dapat membalap tanpa masalah apapun."

"Saya tidak berpikir hal itu memberi dampak pada kualifikasi, saya hanya merasa tidak aman atau nyaman di bawah guyuran hujan dengan ban basah."

Rekan setim Dovizioso, Andrea Iannone, start dari posisi terakhri setelah dikirim ke belakang grid oleh para "steward" karena menyebabkan tubrukan dengan Lorenzo di Barcelona.

Pembalap Spanyol Maverick Vinales mengalami terjatuh dengan Suzukinya pada awal sesi, sedangkan Marquez juga keluar pada tikungan delapan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement