Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

BI Sediakan Rp 231 Miliar Penuhi Kebutuhan Lebaran

Sabtu 25 Jun 2016 17:15 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ani Nursalikah

  Petugas menyiapkan pasokan uang tunai untuk kebutuhan Lebaran.  (Dok. Republika)

Petugas menyiapkan pasokan uang tunai untuk kebutuhan Lebaran. (Dok. Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Ronald Waas mengatakan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 H, kebutuhan masyarakat akan uang tunai dipastikan meningkat. BI memprediksi masyarakat mengeluarkan uang tunai Rp 160,4 triliun.

"Uang yang keluar tahun ini diperkirakan mencapai Rp 160,4 triliun. Itu baru perkiraan kami untuk tahun ini," kata Ronald di IRTI Monas, Jalan Medan Merdeka Selatan, Sabtu (25/6).

Namun begitu, Ronald mengatakan BI tidak akan kewalahan memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut. Saat ini uang tunai yang tersedia di kas BI mencapai Rp 231 miliar sehingga mampu mencukupi kebutuhan masyarakat.

"Saat ini uang yang tersedia di seluruh kantor BI totalnya Rp 231 triliun. Jadi masih cukup dan masyarakat enggak usah khawatir uang tidak cukup," ucap Ronald.

BI tetap mendorong masyarakat menggunakan uang nontunai dalam memenuhi kebutuhan Lebaran. Apalagi, penggunaan uang nontunai lebih praktis dan lebih aman.

"Kita tetap terus dorong penggunaan uang nontunai. Jadi kalau mungkin ada yang mau ngasih THR ke saudara-saudaranya bagus tuh pakai uang nontunai," kata Ronald.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA