Jumat , 24 Jun 2016, 17:00 WIB

Kemenpar Genjot Wisata MICE di Empat Kota

Red: Hazliansyah
Republika/ Tahta Aidilla
 SPG berdiri saat menjaga stan pada pameran Indonesia Internasional Motor Show 2016 di JIEXPO, Jakarta (7/4).  (Republika/Tahta Aidilla)
SPG berdiri saat menjaga stan pada pameran Indonesia Internasional Motor Show 2016 di JIEXPO, Jakarta (7/4). (Republika/Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah terus berupaya menggenjot tingkat perjalanan wisatawan mancanegara dan nusantara. Salah satunya dengan mengembangkan wisata Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE).

Baru-baru ini, Kementerian Pariwisata menyelenggarakan kegiatan pengenalan wisata MICE di empat kota tujuan wisata. Yaitu Medan, Palembang, Balikpapan dan Lombok.

Asdep Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Kemenpar Tazbir mengatakan, kontribusi wisata MICE tahun ini diharapkan akan naik dua kali lipat atau menjadi 10 persen terhadap target pariwisata nasional yang tahun ini di tetapkan sebanyak 12 juta wisman dan 260 juta perjalanan wisnus di Tanah Air.

"Untuk mewujudkan target tersebut berbagai upaya perlu dilakukan di antaranya  melalui kegiatan Wisata Pengenalan MICE di kota-kota yang ditetapkan sebagai destinasi MICE," kata Tazbir dalam keterangan tertulis, Jumat (24/6).

Tazbir mengatakan, wisata MICE memberikan kontribusi yang besar dalam  meningkatkan perjalanan wisnus di dalam negeri terutama dari segmen bisnis dan pemerintah.

"Kegiatan MICE dalam negeri terus meningkat terutama terjadi di lingkungan  korporasi (bisnis) dan  pemerintahan baik yang diselenggarakan sendiri maupun diserahkan kepada event organizer  atau PCO (Professional Conference Organizer)," kata Tazbir.
 
Sementara Kepala Bidang Penguatan Jejaring Kemenpar Hidayat mengatakan, Wisata Pengenalan MICE dikemas dalam kegiatan workshop untuk memberikan peningkatan pemahaman kepada para peserta dari berbagai unsur mewakili kalangan akademisi, pelaku bisnis, komunitas, asosiasi, serta pejabat pariwisata daerah yang menggambarkan sebagai kekuatan Penta Helix. Sementara narasumber yang hadir dari kalangan akademisi dan praktisi bidang MICE.
 
"Usai mengikuti  workshop para peserta mendapat kesempatan untuk melakukan kunjungan lapangan melihat ke fasilitas MICE antara lain  venue dan tempat konvensi yang ada di daerah,” kata Hidayat.
 
Kementerian Pariwisata telah menetapkan 16 kota sebagai destinasi MICE yakni; Jakarta, Bali (terdiri Denpasar dan Nusa Dua), Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Batam, Medan, Lombok, Bintan, Manado, Solo, Sumatra Barat (terdiri Kota Padang dan Bukit Tinggi) , Palembang,  dan Balikpapan.