Jumat 24 Jun 2016 14:07 WIB

Persaingan Debutan Britania di Parc Des Princes

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Citra Listya Rini
Gareth Bale melepaskan tendangan.
Foto: REUTERS/Michael Dalder
Gareth Bale melepaskan tendangan.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Tim nasional debutan Wales akan berhadapan dengan sesama debutan Irlandia Utara di babak 16 besar Piala Eropa 2016, Sabtu (25/6). Dalam pertandingan yang bakal digelar di Parc des Princes, Paris, itu Wales akan berupaya untuk memperpanjang asa untuk melanjutkan perjalanannya ke babak perempat final turnamen.

Wales maju ke babak knock out dengan menyandang predikat juara Grup B, dengan mengantongi 6 poin. Tim asuhan Chris Coleman ini mengungguli Inggris yang ada di posisi kedua dengan torehan 5 poin. Di babak penyisihan grup, Wales mengemas 2 kemenangan dan 1 kekalahan.

Namun Wales selalu berhasil mencetak gol di semua tiga laga turnamen. Dalam tiga laganya, Wales mencetak 6 gol. Kemenangan besar terakhir Wales ialah saat mereka menaklukkan Rusia 3-0 di Toulouse.  

Sementara itu, Irlandia Utara lolos ke babak 16 besar dengan sedikit keberuntungan. Karena mereka melangkah setelah memenuhi syarat sebagai salah satu tim terbaik peringkat ketiga Grup C. Irlandia Utara mengantongi 3 poin dari satu kemenangan 2-0 atas Ukraina di babak penyisihan grup. Namun, mereka mengalami kekalahan tipis 0-1 dari Jerman dan Polandia.

Meskipun tim asuhan Michaell O'Neill ini tidak memiliki kualitas pemain seperti lawan mereka, namun mereka tidak bisa diremehkan. Hal itu seperti yang ditunjukkan saat mereka melawan Jerman dan Polandia, Irlandia Utara bisa memberikan lawan mereka laga yang sulit.

Dari catatan pertemuan kedua tim, Wales lebih unggul dengan 2 kemenangan dan 3 imbang dari 5 pertemuan dengan Irlandia Utara. Dengan demikian, pertemuan mereka nanti bisa menjadi ajang balas dendam Irlandia Utara setelah tak kunjung mengalahkan Wales.

Striker timnas Wales, Gareth Bale, selalu mencetak gol di masing-masing tiga laga Wales di babak penyisihan grup. Bale melihat masa depan yang cerah bagi tim negara kelahirannya, setelah memimpin Grup B dan lolos ke babak 16 besar. Pemain berusia 26 tahun ini menegaskan tujuan Wales di turnamen ini ialah untuk menang.

"Ya kita akan senang untuk menang, tapi fokus kita semua saat ini ialah pada Irlandia Utara," ujar Bale dilansir dari Marca, Jumat (24/6).

Bagi Bale, bermain di turnamen akbar Eropa ini merupakan pengalaman yang luar biasa. Gelandang Real Madrid ini juga mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan para suporter yang membuat suasana stadion menjadi luar biasa. Ia berharap, Wales mampu terus melaju ke babak berikutnya di turnamen Piala Eropa ini.

"Semoga kami bisa terus membuat mereka bangga, mereka bisa tetap bersorak sorai untuk kami dan kami bisa membuat bangsa bangga dan melangkah lebih jauh," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement