Tuesday, 18 Rajab 1442 / 02 March 2021

Tuesday, 18 Rajab 1442 / 02 March 2021

Siswa Muslim di Mukomuko Wajib Bisa Baca Alquran

Jumat 24 Jun 2016 08:13 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Warga membaca Alquran pada hari pertama bulan suci Ramadan 1437 Hijriah

Warga membaca Alquran pada hari pertama bulan suci Ramadan 1437 Hijriah

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, MUKOMUKO -- Sejumlah sekolah mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga menengah atas di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mulai menerapkan persyaratan harus bisa membaca Alquran bagi calon siswa barunya.

"Meskipun peraturan daerah (Perda) tentang kewajiban siswa membawa Alquran, tetapi sejumlah sekolah di daerah ini sudah mulai menerapkannya, seperti calon siswa SD harus bisa baca Iqra," kata Kabag Kesra Pemerintah Kabupaten Mukomuko Ansari di Mukomuko, Kamis (24/6).

Kemudian, katanya, calon siswa SMP harus bisa membaca Alquran. Sementara calon siswa SMA harus fasih membaca Alquran berikut tajwid. Ia mengatakan, pemerintah setempat mendukung kebijakan sejumlah sekolah tersebut dengan mengajukan payung hukum berupa perda kepada DPRD setempat.

"Draf perdanya sudah diusulkan ke DPRD. Kita berharap usulan itu disetujui oleh dewan," ujarnya.

Menurut dia, tujuan penerapan aturan ini untuk mengantisipasi perbuatan?negatif yang dilakukan oleh siswa di daerah ini. Perda ini diharapkan dapat menjauhkan siswa bergaul bebas apalagi sampai menggunakan narkoba.

Selain itu, katanya, pemerintah setempat menginginkan ada sebuah suasana yang agamis yang dilakukan oleh warga di daerah itu. Terutama, katanya, siswa mulai dari tingkat SD hingga SMA di daerah itu agar bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi sekarang ini.

"Perda ini juga bertujuan untuk mendukung visi dan misi bupati dan wakil bupati setempat yang ingin warga masyarakat di daerah itu religius."

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA