Kamis 23 Jun 2016 16:31 WIB

UMM Gandeng Sido Muncul Kerja Sama Bidang Obat Herbal

Rep: Christiyaningsih/ Red: Dwi Murdaningsih
Obat herbal.
Foto: herbalandalternativemedicine.com
Obat herbal.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bekerja sama dengan PT Sido Muncul di bidang obat herbal. Kerja sama dengan salah satu industri obat herbal nasional ini untuk mengimplementasikan hilirisasi akademik dengan dunia industri. Sebelumnya, UMM bekerja sama dengan Pangkalan Udara Militer (Lanud) Abdulrachman Saleh Malang dalam bidang budidaya tanaman herbal.

Dekan Fakultas Pertanian-Peternakan (FPP) UMM Damat menyebut, UMM memiliki potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang besar dalam hilirisasi akademik dengan dunia industri. “UMM punya dosen-dosen dengan berbagai kepakaran dibidang pertanian, farmasi, dan lain sebagainya ini siap untuk mengawali kerjasama,” ujar Damat.

Nantinya, kerja sama ini bisa juga diintegrasikan dengan Fakultas Ilmu Kesehatan. Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) UMM Yoyok Bekti Prasetyo mengatakan keberadaan RS UMM dapat dimaksimalkan potensinya dalam pelayanan kefarmasian terkait manajemen obat dan lainnya.

 “Salah satu terobosan di bidang ini adalah dengan mengembangkan secara bersama-sama obat-obat herbal yang dalam bidang kesehatan di sebut sebagai complementary alternative medicine (CAM),” kata Yoyok.

Sementara itu, General Manajer PT Sido Muncul Dian Ridianto menyambut kerja sama antara UMM dengan Sido Muncul. Menurutnya, industri yang sehat harus kuat dan untuk kuat itu harus bersama-sama.  Ia menyebut, UMM adalah perguruan tinggi yang terkenal dengan berbagai terobosan-terobosannya. Dian berharap, kerja sama UMM dengan Sido Muncul tidak hanya sebatas perjanjian kerjasama (MoU), namun sudah dalam bentuk riil. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement