Kamis 23 Jun 2016 00:59 WIB

Islandia Bertemu Inggris pada Babak 16 Besar Usai Kalahkan Austria

Alessandro Schoepf (kiri) mencetak gol ke gawang Islandia.
Foto: REUTERS/John Sibley
Alessandro Schoepf (kiri) mencetak gol ke gawang Islandia.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Islandia memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2016 sebagai runner up Grup F. Tim asuhan Lars Lagerback dan Heimir Hallgrimsson mengalahkan Austria 2-1 di Stade de France, Saint-Denis, Kamis (22/6).

Islandia mengumpulkan nilai lima, sama dengan Hungaria. Namun Islandia harus puas sebagai runner up karena kalah dalam perhitungan selisih gol. Islandia akan bertemu Inggris pada babak 16 besar.

Islandia sebenarnya hanya butuh hasil imbang untuk lolos. Sedangkan Austria wajib menang. Tapi justru Islandia yang berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-18 lewat Jon Bodvarsson.

Gol diawali dari lemparan ke dalam oleh Aron Gunnarsson ke kotak penalti Austria. Bola yang berusaha ditanduk oleh pemain Islandia justru jatuh di kaki Bodvarsson.

Sambil menjatuhkan badan, Bodvarsson melepaskan tendangan menyilang yang gagal diantisipasi kiper Austria Robert Almer.

Austria mencoba membalas. Tapi upaya skuat asuhan Szymon Marciniak kerap kandas. Termasuk satu peluang dari titik putih setelah David Alaba dijatuhkan di kotak terlarang.

Aleksandar Dragovic yang menjadi eksekutor mengarahkan bola ke kiri dan hanya mengenai tiang gawang. Islandia pun masih memimpin hingga turun minum.

Babak kedua Marciniak memasukkan Alessandro Schoepf menggantikan bek Sebastian Proedl. Pergantian ini berbuah pada menit ke-60, Schoepf menyamakan kedudukan.

Mendapatkan operan David Alaba, Schoepf menggiring bola memasuki kotak penalti dan mengelabui satu bek Islandia sebelum menaklukkan kiper Hannes Halldorsson dengan tendangan menyilang, 1-1.

Austria yang butuh satu gol lagi untuk memastikan lolos berupaya keras untuk kembali membobol gawang Islandia. Tapi justru gawang Austria yang dibobol oleh Arnor Traustason. 

Berikut susunan pemain kedua tim:

Islandia (4-4-2)

Halldorson; Saevarsson, Arnason, Sigurdsson, Skulason; Gudmunsson (Ingason), Gunnarsson, Sigurdsson, Bjarnason; Bodvarsson (Bjarnason), Sigthorsson (Traustason)

Pelatih: Lars Lagerback, Heimir Hallgrimsson

Austria (4-2-3-1)

Almer; Dragovic, Proedl (Schoepf), Hinteregger, Fuchs; Ilsanker (Janko), Baumgartlinger; Klein, Alaba, Arnautovic; Sabitzer (Jantscher)

Pelatih: Marc Koller

Wasit: Szymon Marciniak

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement