Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Blusukan ke Pasar Batujajar, Ketua MPR Borong Sayuran

Sabtu 18 Jun 2016 12:39 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Joko Sadewo

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan (kiri)  -Republika/Fuji E Permana-

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan (kiri) -Republika/Fuji E Permana-

Foto: Republika/Fuji E Permana

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG BARAT -- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Zulkifli Hasan blusukan ke Pasar Batujajar di Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (18/6). Kedatangannya ke pasar tersebut untuk memantau kondisi harga bahan pokok di bulan Ramadan ini.

Zulkifli menyambangi sejumlah pedagang pasar. Di antara pedagang yang disambangi ini, yakni pedagang sayuran, pedagang daging dan pedagang ikan kaki lima. Di kios sayuran, ia bertanya ke penjaga kios perihal harga sayuran saat ini dan sedikit berbincang dengannya. "Sudah berapa lama dagang di pasar ini Bu? Sudah lama?," ungkap Zulkifli saat berbincang dengan ibu penjaga kios sayuran bernama Nur Aini itu.

Tak hanya memantau harga sayuran, di kios itu Zulkifli pun membeli beberapa jenis sayuran, seperti jengkol 4 bungkus, brokoli 3 kilogram, terong ungu 5 kg, dan jeruk lemon 2 kg.

Total harga yang harus dibayar Zulkifli, sebesar Rp 192 ribu. Namun, ungkapan rezeki memang tidak ke mana benar adanya. Nur Aini yang sudah berdagang di Pasar Batujajar bertahun-tahun ini mendapat uang lebih dari ketua MPR RI. "Alhamdulillah, mungkin sudah rezeki. Harusnya total Rp 192 ribu, eh dibayar Rp 300 ribu. Katanya kembaliannya ambil saja," ujar Nur Aini.

Nur Aini menjelaskan beberapa sayuran memang ada yang harganya naik. "Yang sekarang harganya cukup naik itu terong ungu, sama jengkol, ini mahal emang, karena yang belinya juga banyak, makanya setoknya jadi kurang," ucap dia.

Setelah dari kios sayuran, Zulkifli berlanjut ke kios pedagang daging. Di kios ini ia juga membeli daging dengan total harga senilai Rp 260 ribu. Meski begitu, Eulis selaku penjaga kios mendapat uang lebih Rp 40 ribu dari yang dibayarkan Zulkifli.

Di kios itu, Zulkifli menanyakan perihal harga daging saat ini. Diakui Eulis, harga daging memang mengalami penurunan meski hanya sedikit. "Harga daging turun pas di bulan puasa ini," ungkap dia.

Eulis mengatakan, daging super yang dari awalnya Rp 140 ribu sekarang menjadi Rp 120 ribu. Sedangkan daging yang semula Rp 120 ribu kini menjadi Rp 110 ribu. "Tapi kalau sampai Rp 80 ribuan enggak mungkin (enggak mungkin), dari sananya saja sudah berapa," tutur dia.

Zulkifli menjelaskan, kedatangannya ini untuk mengecek kondisi harga setelah 10 hari puasa. Menurut dia, kondisi harga daging saat ini menurun ketimbang sebelumnya. "Kita bersyukur, setok sudah banyak dan cukup sampai lebaran.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler