Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Mau Sehat? Pakar Sarankan Jalan Kaki 15 Menit Sehari

Sabtu 18 Jun 2016 08:17 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah

Berjalan kaki (ilustrasi)

Berjalan kaki (ilustrasi)

Foto: express

REPUBLIKA.CO.ID, Pakar kesehatan merekomendasikan jalan kaki selama 15 menit sehari untuk hidup yang lebih sehat. Temuan itu disusun dalam studi oleh seorang dokter dari Rumah Sakit Universitas Saint-Etienne, Prancis.

Studi yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan EuroPRevent itu mengaitkan aktivitas fisik singkat setiap hari dengan penurunan risiko kematian sebesar 22 persen. Sang peneliti, David Hupin, adalah dokter top yang mengkhususkan diri pada fisiologi klinis.

Penelitian menganalisis 1.011 orang yang berusia 65 tahun pada 2001 selama periode 12 tahun di Prancis. Sebanyak 122.417 orang lain berusia 60 tahun juga dilibatkan dan diamati selama periode 10 tahun.

Hasilnya, aktivitas fisik secara teratur memiliki efek lebih baik secara keseluruhan pada kesehatan daripada pengobatan. Waktu minimum yang disarankan ialah 150 menit berjalan dengan intensitas sedang atau 75 menit berjalan dengan intensitas tinggi setiap pekan.

Hupin memerinci, orang dewasa yang lebih tua harus semakin meningkatkan aktivitas fisik dalam kehidupan sehari-hari. Itu disebut lebih baik daripada mengubah kebiasaan secara dramatis.

"Lima belas menit sehari bisa menjadi target yang wajar untuk orang dewasa yang lebih tua. Peningkatan kecil dalam aktivitas fisik dapat memungkinkan beberapa orang dewasa yang lebih tua untuk menggabungkan aktivitas yang lebih moderat," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA