Sabtu 18 Jun 2016 05:20 WIB

Masyarakat Indonesia Masih Sedikit yang Gunakan Mouthwash

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Kebiasaan berkumur dengan obat kumur akan meningkatkan kesehatan gigi dan mulut.
Foto: webmd
Kebiasaan berkumur dengan obat kumur akan meningkatkan kesehatan gigi dan mulut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Agar berpuasa menjadi lebih enjoy tanpa ngilu dan kita bisa menikmati momen-momen kebersamaan saat berbuka dengan orang-orang terdekat, maka perlu mengambil langkah-langkah pencegahan untuk menghindarinya. Caranya? Antara lain melengkapi diri dengan rangkaian produk-produk perawatan gigi yang khusus diformulasikan untuk mengatasi rasa ngilu akibat gigi sensitif, termasuk mouthwash.

Namun sayangnya, Pakar Kesehatan Gigi dan Mulut, Sabai Asmaraghrya mengatakamn saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang belum merawat atau menjaga kesehatan gigi dan mulut secara lengkap. Perawatan mulut lengkap itu antara lain mulai brushing, rinsing dan flossing,  sehingga menyebabkan berbagai masalah pada gigi dan mulut. "Sampai saat ini masyarakat Indonesia masih terhenti hingga tahap menyikat gigi saja, padahal berkumur menggunakan mouthwash merupakan langkah perawatan yang tak kalah penting,” jelas Sabai kepada wartawan dalam acara Peluncuran Sensodyne Mouthwash di Jakarta, Selasa (14/6).

Perlu diingat bahwa gigi hanya merupakan 20 persen dari keseluruhan rongga mulut. Sehingga penyikatan gigi tidak dapat menjangkau kebersihan seluruh area tersebut, terutama area rentan pembentukan plak seperti di sela gigi dan gusi. Dengan kata lain, menyikat gigi tidak akan bisa membersihkan semua kuman di dalam mulut, di sinilah fungsi dari mouthwash yang dapat melengkapi perawatan kesehatan gigi dan mulut.

Mouthwash juga memberikan kesegaran nafas apalagi saat puasa. Asal pemakaian teratur, mouthwash ini penting digunakan untuk memaksimalkan kesehtanan ringga mulut dan gigi,” jelasnya.

Namun, ia mengingatkan, mereka yang memiliki gigi sensitif perlu waspada karena penggunaan mouthwash secara berkala sepanjang hari justru bisa jadi pemicu masalah gigi sensitif. Khususnya apabila mouthwash tersebut mengandung asam atau alkohol karena berpotensi memperburuk kondisi gigi sensitif. Jadi, pemilihan mouthwash khusus bagi gigi sensitif juga perlu diprioritaskan.

Oleh karena itu, ia menganjurkan para penderita gigi sensitif untuk memilih mouthwash yang dapat mengurangi rasa ngilu akibat gigi sensitif. Selain itu juga memberikan perlindungan terhadap gigi sensitif sepanjang hari, dan tidak mengandung alkohol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement