Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

'Sujud', Ketika Renny Djajoesman Hijrah dari Dunia Gelap

Selasa 14 Jun 2016 11:59 WIB

Red: Hazliansyah

Bedah album religi 'Sujud' Renny Djajoesman

Bedah album religi 'Sujud' Renny Djajoesman

Foto: IST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan tahun ini menjadi bulan penuh berkah bagi Renny Djajoesman. Untuk pertama kalinya, musisi yang dikenal sebagai seorang rocker ini meluncurkan album religi perdananya bertajuk "Sujud".

Bukan sekadar album religi, bagi Renny, album ini juga sebagai penanda dirinya telah benar-benar hijrah dari dunia "Gelap" yang selama ini dekat dengan kehidupannya.

"Dulu dunia saya jahiliyyah, lebih gelap dari lampu yang padam, lebih hitam dari arang. Dan Alhamdulillah semua itu sejak tahun 2014 sudah saya tinggalkan," ujar Renny Djajoesman dalam bedah album religi "Sujud" miliknya, Senin (14/6) sore di Masjid Pondok Indah, Jakarta.

Kala itu ujar Renny, ia mengalami pergolakan besar dalam diri. Di tengah kekalutannya yang tinggi itu, tiba-tiba ia dibawa sang cucu untuk mengambil sajadah dan mukena. Selanjutnya, Renny sudah duduk di atas sajadah dan merasakan kedalaman hati yang mendalam.

"Sekarang saya benar-benar sudah meninggalkan alkohol, rokok, disko. Saat ini yang saya inginkan adalah bisa membaca surat Alquran sebanyak-sebanyaknya," kata Renny.

Ide membuat album religi sendiri muncul saat ia melakukan umrah. Dari perjalanan spiritualnya itu hingga kembali ke tanah air, ia ingin berbuat sesuatu yang manfaatnya dapat dirasakan orang banyak. Maka tercetuslah menggarap album religi.

Sesuai karakternya, album "Sujud" Renny Djajoesman berbeda dengan musik religi kebanyakan. Musikalitas yang kental dengan nuansa rock menjadi sajian utama dalam album yang berisikan 10 lagu ini. Begitu juga untuk lirik. Salah satunya Renny melakukan musikalisasi puisi 'Doa' karya almarhum Chairil Anwar.

Dalam album ini Renny juga melibatkan sejumlah nama, seperti Ivanka 'Slank', Kaka 'Slank', Fariz RM, gitaris rock Edi Kemput, Mel Shandy dan lainnya.

"Lewat album 'Sujud' ini saya ingin bisa berbagi dengan sesama," ujar Renny.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA