Senin 13 Jun 2016 21:53 WIB

Gol Pique Antarkan Spanyol Tundukkan Ceska

Gerard Pique (kanan) saat menjebol gawang Petr Cech.
Foto: REUTERS/Vincent Kessler
Gerard Pique (kanan) saat menjebol gawang Petr Cech.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Spanyol berhasil mengamankan tiga poin saat menghadapi Republik Ceska pada laga perdana mereka di Grup D Piala Eropa 2016. Gol tunggal Gerard Pique mengantarkan La Roja mengalahkan Ceska 1-0 di Stade de Toulouse, Senin (13/6).

Namun Spanyol harus menunggu sampai menit ke-87 untuk menjebol pertahanan rapat Ceska. Setelah serangkaian upaya yang tak kunjung membuahkan hasil, Pique tampil sebagai penyelamat.

Naik ke kotak penalti Ceska, ia menyambut umpan matang rekannya di Barcelona Andres Iniesta dengan tandukan yang tak bisa ditahan kiper Petr Cech.

Hasil ini membuat Spanyol dan Kroasia sama-sama memuncaki klasemen sementara Grup D. Sehari sebelumnya Kroasia mengalahkan Turki 1-0.

Andai Pique tak mencetak gol, Cech dan dua bek tengah Ceska, Roman Hubnik dan Tomas Sivok pantas didapuk menjadi bintang laga. Mereka berhasil mengagalkan peluang demi peluang skuat asuhan Vicente Del Bosque.

Cech menjadi pahlawan Ceska pada babak pertama. Kiper Arsenal ini setidaknya membuat tiga penyelamatan penting. Pertama pada menit ke-16 saat Alvaro Morata menyambut umpan Silva, tapi bola berhasil dihentikan Cech dari jarak dekat.

Menit ke-40, Cech berhasil mementahkan tendangan jarak jauh dari Jordi Alba dari sisi kanan pertahanan Ceska.

Semenit berselang, Silva yang lolos dari jebakan offiside di sisi kiri pertahanan Ceska gagal memaksimalkan peluang karena Cech cepat keluar menutup sudut tendangan. Bola berhasil ditahan Cech dengan baik.

Babak kedua baru berjalan semenit, Spanyol langsung mengancam lewat Morata. Menerima umpan jauh Andres Iniesta, Morata lepas di sisi kiri pertahanan Ceska. Ia kemudian mengoperkan bola ke Cesc Fabregas, namun dipotong oleh Roman Hubnik yang nyaris membuat gol bunuh diri.

Bola sepak pojok dari sapuan Hubnik ini kemudian menghadirkan kemelut di depan gawang Cech, tapi disiplinnya Sivok dan Hubnik membuat kesempatan Sergio Ramos mencetak gol gagal.

Beberapa saat kemudian Iniesta mengirimkan bola matang ke Morata di kotak penalti Ceska. Tapi Sivok dengan sigap memotongnya.

Ceska akhirnya mendapatkan peluang pada menit ke-57 lewat bola mati. Hubnik menyambut bola tendangan bebas dengan sepakan mendatar yang berhasil diamankan De Gea.

Delapan menit berselang, Ceska nyaris menjebol gawang Spanyol. Berawla dari sepak pojok Gebre Selassie melepaskan tandukan ke mulut gawang De Gea. Beruntung Fabregas cepat menyapu bola sebelum berhasil disambut pemain Ceska. 

Spanyol kembali melancarkan tekanan. Menit ke-70 Jordi Alba lolos di kotak penalti, tapi bola gagal ditahannya dengan baik sehingga berhasil dibuang Hubnik. Dua menit berselang, tendangan David Silva di luar kotak penalti melenceng dari sasaran, padahal ia punya waktu yang cukup untuk mengarahkan bola.

Menit ke-79, umpan matang Ramos gagal ditanduk sempurna oleh Aduritz yang masuk mengantikan Morata.

Meski terus gagal, para pemain Spanyol tak menyerah dan tetap sabar membongkar pertahanan Ceska. Upaya mereka berbuah manis lewat gol Pique.

Ceska berupaya membelas dengan sisa waktu yang ada dan mendapatkan satu peluang lewat Vladimir Darida. Namun bola masih bisa diamankan De Gea.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement