Senin 13 Jun 2016 22:17 WIB

Bek Austria Ini Ingin buat Bangga Mendiang Ayahnya

Red: M Akbar
Gyorgy Garics Jr
Foto: id.wikipedia.org
Gyorgy Garics Jr

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Bek tim nasional Austria, Gyorgy Garics Jr, bertekad menampilkan permainan yang bisa membanggakan mendiang Ayahnya kala membela negaranya dalam putaran final Piala Eropa 2016 di Prancis.

Sang Ayah, Gyorgy Garics Sr, meninggal pada suatu pagi Kamis (9/6) lalu dalam usia 62 tahun setelah 10 bulan berjuang melawan kanker, namun putranya memilih untuk bertahan bersama skuat timnas Austria hingga kiprah mereka di Piala Eropa 2016 rampung.

"Saya bertanya kepadanya apakah saya harus bersamanya atau pergi, namun ia menyarankan untuk pergi," kata Garics Jr sebagaimana dilansir laman resmi UEFA, Senin (13/6).

"Tentu saja saya ingin menghormati permintaan terakhirnya. Saya ingin mengantarkannya ke peristirahatan terakhir... Papa tentu senang menyaksikan saya di Euro, tetapi ia akan menjadi orang pertama yang marah jika saya mengabaikan turnamen ini," ujarnya menambahkan.

Mendiang Garics Sr juga mantan pesepak bola yang sempat menghabiskan 14 tahun karirnya membela beberapa klub di Hungaria, tempat kelahiran Garics Jr, sebelum hijrah ke Wina, Austria, untuk tampil berseragam Rapid Wien.

"Kami berdua bekerja keras untuk bisa tampil di Piala Eropa... Sayangnya ia melewatkannya hanya beberapa hari menjelang putaran final, tapi saya akan melakukan segalanya untuk membuatnya lebih bangga. Sepak bola adalah hidupnya," kata Garics Jr.

Garics Jr memilih membela Austria ketimbang Hungaria dan melakukan debut internasional pada 2006 silam yang hingga kini telah mengantongi 41 kali penampilan bersama timnas Austria.

Satu dasawarsa berlalu sejak keputusan tersebut untuk kali pertama bek kanan Darmstadt itu akan menghadapi tanah kelahirannya dalam laga pertama penyisihan Grup F pada Selasa (14/6) di Stadion Matmut Atlantique, Bordeaux.

"Laga itu sudah rumit sekaligus spesial bagi saya sejak awal. Namun apa yang terjadi dengan Papa membuatnya semakin emosional. Ini soal sepak bola, ceritaku, ceritanya dan tiga poin yang bisa kami dapatkan. Sungguh saya tak bisa menggambarkan apa arti pertandingan ini dengan kata-kata," ujar Garics Jr.

Garics Jr mengaku akan menyanyikan lagu kebangsaan kedua negara yang diputar menjelang pertandingan dimulai.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement