Sabtu 11 Jun 2016 17:06 WIB

Irlandia Utara Ingin Buktikan tak Sekadar Numpang Lewat

Rep: Ali Mansur/ Red: Israr Itah
Pelatih Irlandia Utara Michael O'Neill
Foto: AP Photo/Thanassis Stavrakis
Pelatih Irlandia Utara Michael O'Neill

REPUBLIKA.CO.ID, NICE -- Sejarah besar ditorehkan Irlandia Utara dengan lolos ke putaran Piala Eropa untuk kali pertama. Sebelumnya dalam babak kualifikasi, mereka lebih sering menjadi lumbung gol tim-tim besar. 

Langkah besar ini tak ingin dilewatkan begitu saja oleh skuat berjuluk Norn Iron ini. Skuat polesan Michael O’Neill enggan numpang lewat di Piala Eropa 2016. Meskipun banyak dianggap hanya akan meramaikan pesta sepak bola empat tahunan Benua Biru. 

Bermodal semangat dan kekompakan tim, Irlandia Utara siap meladeni Polandia dalam laga perdana Grup C di Stade de Nice pada Ahad (12/6) malam WIB.

"Kami tidak keberatan dipandang remeh, tapi kami akan memberikan mereka mimpi buruk di babak penyisihan," kata O'Neill, seperti dilansir situs resmi Asosiasi Sepak Bola Irlandia Utara, Sabtu (11/6).

Untuk menghadapi lawan-lawan yang memiliki materi diatasnya, O'Neill bakal meniru semangat Leicester City yang mampu menjuarai Liga Inggris musim 2015-2016. Dari tim yang diprediksikan bakal terdegradasi justru mampu mengalahkan para raksasa Liga Inggris. 

Dia berharap para pemainnya dapat terinspirasi skuat the Foxes. "Semangat untuk menjadi yang terbaik tak pernah surut meski berstatus tim biasa-biasa saja," ujar O'Neill.

Apa yang diharapkan oleh O'Neill hal yang wajar, mengingat Lafferty dan kawan-kawan sukses meraih kemenangan empat kali dan lima laga terakhirnya. Dari lima laga uji coba itu, mereka telah mencatatkan enam gol dan hanya kemasukan satu gol. 

Dengan catatan impresif tersebut, Irlandia Utara siap membuka kiprahnya di Piala Eropa 2016 dengan memberikan kejutan menghadapi Polandia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement