Sabtu 11 Jun 2016 05:33 WIB

Payet Emosional Jadi Pahlawan Kemenangan Prancis

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah
Dimitri Payet (kiri) merayakan golnya bersama Blaise Matuidi.
Foto: AP Photo/Frank Augstein
Dimitri Payet (kiri) merayakan golnya bersama Blaise Matuidi.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS--Piala Eropa 2016 terasa jauh bagi Dimitri Payet pada musim panas 2015. Ketatnya persaingan di lini tengah Prancis membuat dia tahu diri tak berharap banyak.

Namun di sisi lain, gelandang West Ham United ini berupaya keras menampilkan kualitasnya. Tampil apik bersama West Ham United di Liga Primer Inggris musim 2015/2016 memaksa pelatih Prancis Didier Deschamps memasukkan nama Payet dalam daftar 23 pemain.

Penampilan menterengnya dalam sejumlah laga uji coba terakhir membuat Deschamps makin yakin menjadikan Payet sebagai starter dalam laga pembuka Piala Eropa 2016 melawan Rumania di Stade de France, Saint Denis, Sabtu (11/6) dini hari WIB. 

 Pilihan Deschamps tak keliru. Payet menjadi pahlawan Les Bleus yang membungkam Rumania 2-1 lewat satu assist dan satu gol spektakulernya saat laga memasuki menit ke-89.

Pemain 29 tahun ini pun menitikkan air mata haru setelah sanggup mengantarkan timnya meraih kemenangan amat penting ini. Pipinya basah saat berjalan meninggalkan lapangan.

"Saat musim lalu dimulai, saya benar-benar tak menyangka bisa ada di sini, bermain untuk Prancis dan membuat gol, saya benar-benar menikmatinya," kata Payet usai laga dikutip dari Eurosport.

Ia mengatakan Rumania membuat laga ini sulit. Terlebih, banyak emosi dalam laga ini karena Prancis tampil sebagai tuan rumah.

"Untungnya kami bisa mengendalikan permainan," ujar Payet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement