Senjata Andien Atasi Bau Mulut Puasa

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari

 Jumat 10 Jun 2016 12:35 WIB

Penyanyi Andien Aisyah Foto: Republika/Darmawan Penyanyi Andien Aisyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika berpuasa, tidak dipungkiri masalah bau mulut menjadi problema yang banyak dialami orang. Melihat kondis tersebut penyanyi wanita Indonesia Andien melakukan beberapa cara untuk mengatasinya.

Kesibukan membuat Andien harus bertemu banyak orang dan pekerjaan yang menuntutnya untuk mengeluarkan suara sangat bisa menggangguu jika memiliki bau mulut. Melihat kondisi tersebut, istri dari Irfan Wahyudi ini mengaku sering bersikat gigi, menggunakan sikat lidah, dan obat kumur.

"Kalau selain bulan puasa sering agak lupa tuh, dan pas puasa ini kadang lebih dari abis sahur dan mau tidur," kata penyanyi muda ini.

Andien menceritakan, jika ketika puasa dia justru malah sering sekali membasuh mulutnya dengan tiga senjata andalan itu. Bukan cuma dua kali sehari, bahkan saat-saat lain, termasuk ketika telah berbuka pun dia memilih melakukan ritual itu.

Penyanyi lagu "Gemilang" ini mengaku, kebiasan tersebut sebenarnya baru-baru ini diterapkan. Dulu ketika masih sekolah Andien tidak terlalu peduli dengan kesehatan mulut.

"Dari sekolah, SD, SMP, SMA, itu nggak ada edukasi buat masalah itu, mulai fokus masalah itu pas punya tugas bertemu banyak orang dengan jarak dekat," kata Andien.

Semenjak terjun di dunia yang mengharuskannya berbicara dan menyanyi di depan orang banyak, permasalahan mulut menjadi perhatian. Andien tersadar jika kebersihan mulut perlu dijaga dan dirawat.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X