Friday, 5 Rajab 1444 / 27 January 2023

Kulit Bayi Iritasi? Coba Bedak Bayi Alami Buatan Sendiri

Jumat 10 Jun 2016 08:45 WIB

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah

Bedak bayi buatan sendiri

Bedak bayi buatan sendiri

Foto: Thekitchn

REPUBLIKA.CO.ID, Bayi baru lahir memiliki kulit yang sangat sensitif dan mudah iritasi. Untuk mengatasinya, ibu biasa memilih bedak bayi di pasaran sebagai solusi untuk menjaga kondisi kulit bayi.

Sayangnya, beberapa bedak bayi justru memiliki bahan yang dapat memicu terjadinya iritasi. Bahan talkum yang biasa ditemukan dalam bedak bayi pasaran juga dinilai kurang baik bagi kulit karena dapat menyebabkan kanker. Contohnya seperti dalam kasus yang menimpa seorang wanita pada Februari lalu yang menggunakan bedak talkum merek ternama.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika ibu yang baru melahirkan membuat sendiri bedak bayi untuk bayi mereka. Para ibu dapat memilih bahan-bahan herbal alami yang tidak memicu iritasi pada kulit sensitif bayi.

Seperti dilansir The Kitchn, salah satu bahan herbal utama yang direkomendasikan untuk membuat bedak bayi alami ialah bubuk ararut atau tanaman Garut (Lerut). Bubuk ararut memiliki kemampuan untuk menyerap kelembapan pada kulit. Sehingga kulit bayi dapat tetap kering dan terhindar dari iritasi.

Di samping itu, bahan lempung putih Prancis Montmorillonite juga baik untuk dijadikan campuran bedak bayi. Lempung ini memiliki sifat antimikroba dan dipercaya dapat mengatasi gangguan kulit serta iritasi. Meski terdengar jarang, bahan ini cukup mudah untuk didapatkan.

Bubuk akar marshmallow juga memiliki manfaat baik bagi kulit. Pasalnya, akar marshmallow memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Dengan kedua sifat ini, bubuk akar marshmallow dapat membantu bayi menyembuhkan iritasi dan menghindarkan kulit sensitif bayi dari ruam popok.

Menggabungkan ketiga bahan tersebut menjadi bedak bayi herbal cukup mudah dilakukan. Yang perlu Anda persiapkan ialah bahan-bahan dasar yang terdiri dari satu cangkir bubuk ararut, setengah cangkir lempung putih Prancis Montmorillonite, dua sendok makan bubuk akar marshmallow, serta tiga hingga lima tetes minyak esensial alami beraroma sebagai tambahan.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ialah mencampurkan bubuk ararut, lempung Prancis Montmorillonite serta bubuk akar marshmallow dalam satu mangkuk. Aduk merata hingga warna campuran bubuk menjadi sama. Sebagai tambahan, Anda bisa menambahkan minyak esensial alami beraroma sesuai selera, atau bisa juga melewatkannya.

Setelah seluruh bahan tercampur rata, tutup mangkuk dengan kain serbet. Diamkan campuran tersebut selama satu malam agar kelembapan dari minyak esensial dapat menguap dengan sempurna. Setelah itu simpan dalam wadah kedap udara.

Akan tetapi, jika Anda tidak menggunakan minyak esensial, Anda dapat langsung memasukkan campuran bedak bayi herbal ke dalam wadah kedap udara. Wadah kedap udara pengocok garam dapat menjadi pilihan ideal bagi tempat penyimpanan bedak bayi herbal ini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA