Rabu 08 Jun 2016 11:49 WIB

Cukup Tidur tapi Sering Kelelahan? Ini Penyebabnya

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari
Pria kelelahan
Foto:
Kelelahan parah yang terus menerus mungkin pertanda sindrom kelelahan kronis.

Depresi atau stres

Penyebab lain kelelahan bisa jadi karena lelah atau stres. Kadang, kita tidak sadar tengah mengalami kondisi ini. Lakukan olahraga dan makan makanan yang sehat bisa membantu menenangkan stres maupun depresi. Anda juga bisa melakukan relaksasi dengan bermeditasi. Pada intinya, sangat penting untuk menjaga kondisi pikiran karena bisa berdampak pada tubuh.

Ketidakseimbangan gula darah

Ketidakseimbangan gula darah bisa membuat Anda kekurangan energi. Tingkat gula darah bisa tidak seimbang tergantung pada tipe makanan yang dikonsumsi. Jika Anda terlalu banyak memakan makanan olahan atau makanan kaya gula maka Anda akan sering mengalami kelebihan gula dalam sehari. Anda bisa mengakali keinginan merasakan manis dengan mengonsumsi buah-buahan yang manis.

Cek kondisi kesehatan

Jika Anda merasa sudah melakukan semua anjuran di atas namun masih sering merasa kelelahan, ada baiknya untuk memeriksakan kondisi kesehatan Anda.

Banyak penyebab kelelahan ekstrim seperti anemia. Anda tidak perlu mendiagnosanya sendiri sehingga yang terbaik adalah kunjungi dokter dan tanyakan penyebabnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement