Ahad 05 Jun 2016 15:00 WIB

Ganda Campuran Cina Pertahankan Gelar

Pasangan ganda campuran Cina, Xu Chen/Ma Jin mempertahankan gelar juara di BCA Indonesia Open Super Series Premier 2016, Ahad (5/6).
Foto: PBSI
Pasangan ganda campuran Cina, Xu Chen/Ma Jin mempertahankan gelar juara di BCA Indonesia Open Super Series Premier 2016, Ahad (5/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasangan ganda campuran Cina unggulan lima, Xu Chen/Ma Jin mempertahankan gelar di Indonesia Open. Di babak final, Xu/Ma mengalahkan unggulan tiga dari Korea Selatan, Ko Sung Hyun/Kim Ha Na, Ahad (5/6).

Xu/Ma langsung melakukan serangan-serangan sejak awal gim pertama. Sedangkan Ko/Kim malah banyak melakukan kesalahan sendiri. Xu/Ma unggul 9-3 dan 11-8. Keunggulan Xu/Ma dipertahankan hingga akhir gim pertama dengan 21-15.

Di gim kedua, berbalik Ko/Kim yang menggungguli dalam permainan. Sempat unggul jauh 2-8, Xu/Ma memperpendeknya menjadi 9-10. Kedudukan 9-11 dengan keunggulan Ko/Kim. Ko/Kim memaksakan gim ketiga dengan memenangkan gim kedua dengan 16-21.

Pada gim yang menentukan, Ko/Kim kembali melakukan beberapa kesalahan sendiri. Pertahanan pasangan ini juga beberapa kali mudah ditembus pasangan Xu/Ma yang mendominasi permainan. Xu/Ma memenangkan pertandingan dengan 21-13.

"Tahun lalu kami juara dan sekarang pun jadi juara lagi. Terima kasih atas dukungan penonton," kata Ma Jin di tengah lapangan sebelum naik podium juara. "Terima kasih kepada semua suporter yang telah mendukung," tambah Xu Chen.

Dengan kemenangan ini, Xu/Ma menyamai prestasinya dengan menjadi juara di Indonesia Open 2015 lalu. Saat itu, Xu/Ma mengalahkan rekan senegaranya sendiri, Zhang Nan/Zhao Yunlei.

Dua gelar juara ini juga menyamai prestasi rekannya, Zhang/Zhao dan seniornya terdahulu, Zheng Bo/Gao Ling dengan dua gelar juara di Indonesia Open. Zhang/Zhao juara di Indonesia Open 2011 dan 2013. Sedangkan Zheng/Gao menjadi juara di Indonesia Open 2007 dan 2008.

Prestasi ganda campuran di Indonesia Open masih belum dapat dipecahkan atas nama pasangan Indonesia, Trikus Heryanto/Minarti Timur dengan lima gelar juara secara beruntun. Trikus/Minarti juara di Indonesia Open 1995-1999. Rekor ini juga belum dapat dipecahkan di sektor lainnya di Indonesia Open hingga saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement