Kamis 02 Jun 2016 17:00 WIB

Khairul Anwar, Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Tenaga Kerja: Industri Pasti Lakukan Penyesuaian

Red:

Pemerintah menambah libur nasional, apakah akan mengurangi produktivitas industri?

Jika waktu bekerja karyawan berkurang karena libur, logikanya secara umum ada penurunan produktivitas. Namun, seperti apa nanti kondisinya, kami belum bisa perkirakan. Masih akan dipelajari situasinya.

Apakah nantinya menjadi masalah di sektor industri secara jangka panjang?

Tentu, tidak bisa langsung dikatakan seperti itu. Sebab, baik kami ataupun pihak pengusaha, pasti menempuh sejumlah penyesuaian untuk mempertahankan produktivitas karyawan dan hasil industri. Prinsipnya satu, penyesuaian.

Seperti apa saran konkret dari pemerintah kepada perusahaan untuk menyikapi semakin banyaknya hari libur?

Gunakan prinsip semakin kecil input yang menghasilkan semakin besar output. Dalam konteks penambahan hari libur, kan ada pengurangan jam kerja. Nah, nantinya kami sarankan perusahaan menyesuaikan.

Kehilangan jam kerjanya berapa, berarti harus ditutup dengan mengganti jam kerja di waktu lain. Namun, perlu diperhatikan unsur keseimbangan juga. Perhitungannya seperti apa, kami serahkan kepada masing-masing perusahaan.

Berapakah rata-rata jam kerja yang berkurang pada 2017 nanti dengan adanya penambahan hari libur nasional?

Belum dapat dipastikan. Masih harus dihitung lagi.

Apakah ada hal lain yang harus diperhatikan perusahaan terkait penambahan hari libur ini?

Gaji kepada karyawan tidak boleh ada pengurangan. Jangan karena ada lebih banyak libur, lantas memengaruhi gaji.  Oleh Dian Erika Nugraheny ed: Ferry Kisihandi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement