Rabu 01 Jun 2016 19:43 WIB

Para 'Penonton' Piala Eropa 2016 Ini Bisa Buat Tim Tangguh. Siapa Saja?

Kevin Trapp
Foto: EPA/YOAN VALAT
Kevin Trapp

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian besar pemain top Eropa sekarang bersiap-siap untuk tampil pada Piala Eropa 2016. Ini setelah mereka masuk dalam daftar akhir 23 nama dari tiap kontestan.

Namun dari 552 pemain yang terdaftar itu, masih ada sejumlah nama besar yang absen. Vincent Kompany, Raphael Varane dan Marco Reus misalnya harus rela menjadi penonton karena cedera.

Tapi ada pula yang gigit jari karena tak terpilih, padahal telah tampil apik bersama klubnya masing-masing.

BBC pada Rabu (1/6), mengumpulkan pemain-pemain yang tak terpilih ke Piala Eropa 2016 ke dalam satu tim dengan formasi 3-4-3, beserta cadangannya. Berikut nama-namanya:

Kevin Trapp (Jerman)

Kiper 25 tahun telah menjalani musim debut hebat bersama Paris Saint-Germain. Ia mencatatkan 25 clean sheet pada semua kompetisi untuk membantu mereka memenangkan treble domestik belum pernah terjadi sebelumnya (termasuk gelar Ligue 1 dengan keunggulan 31 poin dari tim peringkat dua). Namun, ini tidak cukup untuk membuatnya masuk ke dalam skuat Jerman. Joachim Loew memilih Manuel Neuer (Bayern Muenchen), Bernd Leno (Bayer Leverkusen) dan Marc-Andre ter Stegen (Barcelona).

Dejan Lovren (Kroasia)

Setelah awal yang tidak konsisten untuk karirnya di Liverpool, pemain 26 tahun itu kini telah membuktikan dirinya sebagai pilihan pertama Jurgen Klopp. Sayangnya bek tengah ini punya hubungan yang kurang harmonis dengan pelatih kepala Kroasia Ante Cacic sejak Maret lalu. 

Philippe Senderos (Swiss)

Mantan bek Arsenal dan Fulham ini memiliki 55 caps internasional, tetapi angka itu tidak akan bertambah pada musim panas ini. Pemain berusia 31 tahun kini kembali bermain di Swiss bersama Grasshoppers Zurich. Namun 14 penampilan tak cukup menjamin posisinya ke Prancis. "Ini adalah saat yang sulit baginya," kata pelatih Vladimir Petkovic. "Dia mungkin kehilangan sedikit kepercayaan diri dan perasaan positif tidak ada di sana."

Javi Martinez (Spanyol)

Pemain yang bisa beroperasi sebagai bek dan gelandang bertahan ini memiliki masalah dengan cedera. Tapi pemain berusia 27 tahun itu masih bisa membuat 27 penampilan untuk Bayern Muenchen musim ini dan membantu memenangkan trofi ganda domestik sekaligu mencapai semifinal Liga Champions. Tapi ini tidak cukup untuk memberinya kesempatan untuk menambah medali Piala Dunia dan Piala Eropa yang ia menangkan pada 2010 dan 2012.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement