Rabu 01 Jun 2016 13:07 WIB

Aksi Sosial, Komunitas Jojoners Tebar Benih Ikan di Danau Tasikardi

Komunitas Jojoners bersama PT Hero Supermarket Tbk menggelar gerakan kepedulian sosial
Foto: IST
Komunitas Jojoners bersama PT Hero Supermarket Tbk menggelar gerakan kepedulian sosial

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komunitas Jurnalis Joran Indonesia (Jojoners) bersama PT Hero Supermarket Tbk menggelar gerakan kepedulian sosial dengan memberikan perangkat komputer dan infocus di SDN Pamarican 2, Serang, Banten. Hal ini guna menunjang perbaikan kualitas pendidikan di sekolah tersebut menjadi lebih baik.

Tidak hanya itu, sebagai bentuk kepedulian sosial dan lingkungan, Jojoners juga mengajak siswa sekolah menjaga habitat laut dengan rangkaian kegiatan Sebar Sejuta Ikan dalam menyambut Hari Lingkungan Hidup Internasional.

Kegiatan ini sangat efektif dalam menjaga keberlangsungan habitat laut. Tebar benih ikan menjadi simbol pelestarian alam dan membawa keterlibatan masyarakat secara serius serta mengenalkan pada anak-anak untuk menjaga ekosistem laut.

Penebaran benih ikan dilakukan di Danau Tasikardi, Desa Margasana, Kecamatan Kramatwatu, Serang, Banten. Penyebaran benih dimaksudkan sebagai upaya mitigasi penurunan populasi akibat padat tangkap atau tingkat pemanfaatan yang berlebihan, yang kerap dijadikan lokasi pemancingan bagi warga sekitar juga para pendatang.

Adapun benih ikan yang akan disebar adalah ikan mas, patin dan lele, yang merupakan spesies endemik di danau tersebut. Sehingga tidak akan memunculkan predator baru yang justru bisa membahayakan keseimbangan ekosistem. Selain itu, danau ini masih aktif sebagai danau untuk memancing, oleh wisatawan atau warga setempat.

Dengan mengusung tema "HERO Green Action: Care To Share" untuk program Jojoners, selain diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan belajar mengajar di sekolah. Juga meningkatkan kualitas lingkungan hidup sekitar kita. Terpenuhinya sarana prasarana penunjang, secara langsung dapat memberikan kemudahan pembelajaran bagi siswa dan masyarakat dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Secara umum fokus kegiatan Hero Green Action: Care to Share lebih terpusat pada aksi lingkungan di daratan padahal aksi lingkungan tidak hanya terbatas itu saja, tetapi kita juga harus memperhatikan keseimbangan ekosistem wilayah perairan," ungkap Senior GM CSR & Corcom PT Hero Supermarket Tbk Natalia Lusnita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement