Ahad 29 May 2016 13:01 WIB

Tak Juga Hamil? Mungkin Faktor Ini Pengaruhi Anda

Rep: MGROL 68/ Red: Indira Rezkisari
Wanita hamil
Foto: pixabay
Wanita hamil

REPUBLIKA.CO.ID, Menjadi orang tua masih dianggap sebagai indikator dari kehidupan pernikahan yang bahagia, infertilitas atau kemandulan tentu menjadi perhatian serius bagi banyak orang. Masih sedikit yang tahu bahwa infertilitas dalam banyak kasus adalah hasil dari kebiasaan sehari-hari yang individu biasanya lakukan.

Inilah daftar yang mempengaruhi kesuburan wanita, dilansir dari Times of India.

Menjadi gemuk atau kurus

Obesitas dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan dan masalah dalam hamil. Obesitas dapat memicu banyak ketidakseimbangan hormon dalam tubuh wanita sehingga sulit baginya untuk hamil. Menjadi gemuk dan hamil pada saat yang sama juga dapat menimbulkan risiko kesehatan utama bagi ibu dan bayi sehingga sangat penting untuk mempertahankan gaya hidup sehat untuk keselamatan ibu dan bayi.

Tertekan atau stres

Kelemahan terbesar dari gaya hidup modern tidak diragukan lagi adalah peningkatan tingkat stres. Tekanan tambahan dari memasak, mengatur waktu , mdngurusi kegiatan satu dengan lainnya, dan banyak hal-hal lain yang akan membuat stress semakin meningkat. Stres menyebabkan perubahan yang tidak alami pada hormon dan juga mempengaruhi aliran darah ke rahim sehingga terjadi masalah kehamilan. Kegagalan dalam hamil meskipun sudah berupaya berulang-ulang pasti akan menyebabkan tingkat stres yang tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement