Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

KPAI: Orang Tua Harus Berikan Pendidikan Reproduksi kepada Anak

Jumat 27 May 2016 22:00 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Pendidikan pengenalan organ seksual harus mempertimbangkan berbagai unsur dan norma.

Pendidikan pengenalan organ seksual harus mempertimbangkan berbagai unsur dan norma.

Foto: pixabay.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua KPAI, Asrorun Ni'am meminta orang tua memberikan pendidikan reproduksi atau pendidikan seksual kepada anak secara proposional.

"Perlu proporsionalitas. Intinya pendidikan reproduksi yang disesuaikan dengan usia dan perkembangan anak," kata Asrorun saat dihubungi di Jakarta, Jumat (27/5).

Dia menjelaskan orang tua harus mampu memberikan pemahaman terhadap apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, khususnya yang berkaitan dengan fungsi-fungsi reproduksi. "Mana yang boleh ditampakkan dan mana yang tidak boleh, tanggung jawab untuk menjaga kehormatan diri, dan menjaga tubuh," kata Asrorun menjelaskan.

Selain itu orang tua juga harus menjelaskan mengenai anatomi tubuh beserta fungsi-fungsinya, serta perubahan fisiologis yang akan dialami anak dan bagaimana cara menyikapinya. Asrorun menambahkan orang tua juga perlu menjelaskan bagaimana menjalin relasi yang baik dalam interaksi sosial.

Pendidikan tersebut, lanjut dia, harus diintegrasikan dengan nilai-nilai dalam agama dan moralitas. "Misalnya soal aurat, soal haid, soal mimpi basah, dan soal relasi yang bukan mahram," ujar dia.

Psikolog mitra dari Yayasan Pulih untuk pemulihan anak akibat kekerasan seksual, Feka Angge Pramita menjelaskan pendidikan seksual untuk anak bisa diberikan sejak usia dua tahun. Penyampaian pemahaman tersebut dibedakan berdasarkan usianya dengan dimulai pengenalan perbedaan laki-laki dan perempuan, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan terkait perbedaan kelamin.

"Hingga pemahaman mengenai masa pubertas yang akan dialami saat remaja dengan ditandai dengan haid oleh anak perempuan dan mimpi basah untuk anak laki-laki," ucap dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA