Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Ketua MPR tak Habis Pikir Ada yang Ingin Bebaskan Miras

Jumat 27 May 2016 18:52 WIB

Rep: Wisnu Aji Prasetiyo/ Red: Teguh Firmansyah

Zulkifli Hasan.

Zulkifli Hasan.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, angkat bicara terkait pencabutan Peraturan Daerah (Perda) tentang Pelarangan Minuman Keras (Miras). Ia pun meminta pemerintah lebih banyak membaca dan turun ke rakyat sebelum mencabut perda tersebut.

"Bir bebas? Coba pemerintah kunjungin banyak-banyak tempatlah, ketemu rakyat," kata Zulkifli, di Rumah Tahanan Pondok Bambu, Jakarta Timur, Jumat (27/5).

Ia pun tak habis pikir dengan keinginan pembebasan miras tersebut. Ia mencontohkan negara seperti Amerika Serikat yang sangat maju dibanding Indonesia penerapan hukumnya sangat ketat terkait peredaran miras. "Pembeli dan penjualnya benar-benar diawasi," ujar Zulkifli.

Padahal, menurut dia, sudah banyak kasus kematian hingga pemerkosaan yang berawal karena mengonsumsi miras. Seharusnya, lanjut dia, sejumlah peristiwa tersebut dijadikan pelajaran yang berharga oleh pemerintah.

"Lihat itu, berapa orang yang mati di Yogya akibat miras? Dan di Bengkulu, memerkosa anak kecil yang dilakukan oleh beberapa belas orang," katanya.

Baca juga, Mendagri: Perda Miras di Beberapa Daerah akan Diperbaiki.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler