Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Baznas Tanggap Bencana Latih Evakuasi Bencana

Kamis 26 May 2016 17:06 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Evakuasi warga yang tinggal di daerah rawan bencana

Evakuasi warga yang tinggal di daerah rawan bencana

Foto: edwin dwi putranto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Baznas Tanggap Bencana (BTP), unit di bawah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) pagi memberikan pelatihan evakuasi bencana kepada tenaga-tenaga medis Rumah Sehat Baznas Jakarta, Kamis (26/5). Pelatihan berupa pertolongan pertama menghadapi bencana yang terjadi di dalam gedung seperti evakuasi orang terjebak di dalam lift, cara aman memapah korban, dan penyelamatan kebakaran.

Kepala Divisi Pendayagunaan dan Pendistribusian Baznas Deni Hidayat mengatakan BTB bergerak kepada kegiatan penanggulangan bencana. Deni mengatakan bencana merupakan salah satu penyebab kemiskinan. Sedangkan penanggulangan kemiskinan merupakan tujuan utama penyaluran dana zakat, infak dan sedekah (ZIS).

"BTB lebih fokus kepada penanganan livelyhood (perikehidupan) pascabencana. Pada saat bencana emergency respons BTB tetap terjun sebagai starting point kegiatan untuk menyisir kepada livelyhood masyarakat terdampak," katanya.

Selanjutnya, pemulihan terhadap perikehidupan masyarakat yang terdampak antara lain menghidupkan kembali perekonomian yang terganggu akibat bencana, seperti UKM, pasar yang memerlukan perbaikan dengan pendekatan DLA (Disaster Lossed Asset) untuk menghitung dan merencanakan program recovery.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA