Selasa 24 May 2016 16:20 WIB

Korea Selatan Didorong Bangun Bintan dan Batam

Salah satu pelabuhan di Batam.
Foto: andagu.deviantart.com
Salah satu pelabuhan di Batam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Korea Selatan didorong untuk membangun industri pariwisata dan mengembangkan kawasan ekonomi khusus (KEK) di Kepulauan Riau. Untuk merealisasi gagasan ini, salah satu pimpinan Badan Kerjasama Parlemen (BKSP) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Haripinto Tanuwidjaya, mengundang Parlemen Korea Selatan dan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Cho Tai Yung, untuk berkunjung ke Pulau Bintan dan Batam.

“Kedua pulau ini sangat indah dan merupakan objek tujuan pariwisata,” kata Haripinto di sela-sela pertemuan antara delegasi parlemen Korea Selatan, Selasa (24/5).

Parlemen Korea Selatan menyampaikan harapannya agar kedua negara dapat segera mendirikan Badan Hukum Dewan Kemitraan Indonesia Korea yang dapat menstimulasi implementasi berbagai kesepakatan kerjasama di bidang ekonomi dan investasi antara Indonesia dan Korea Selatan.

Dalam pertemuan tersebut juga turut dhadiri oleh Ketua DPD RI, Irman Gusman. Irman meminta senator DPD RI dari daerah pemilihan Kepulauan Riau itu untuk mempersiapkan kunjungan parlemen dan Dubes Korsel untuk Indonesia untuk berkunjung ke Batam dan Bintan dalam waktu dekat.

Dia juga merespons keinginan parlemen Korea Selatan. Menurut Irman, harapan parlemen Korea Selatan ini tidak menemui kendala apa pun di level legislatif, terutama di DPR RI. Karena itu ia menjanjikan pada September 2016 sudah dapat diadakan pertemuan kedua negara untuk membahas tindak lanjut pembentukan Dewan Kemitraan tersebut. Delegasi DPD RI juga direncanakan mengunjungi Korea Selatan tahun depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement